Program Praktisi Mengajar Semester Ganjil 2023/2024

Desember 2023 – “Praktisi Mengajar” merupakan sebuah program yang dirancang oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia, bertujuan untuk meningkatkan kesiapan lulusan perguruan tinggi dalam menghadapi tantangan dunia kerja. Program ini berfokus pada membangun kerjasama yang erat antara praktisi profesional dan dosen mata kuliah, untuk memfasilitasi pertukaran pengetahuan dan keahlian yang signifikan antara sivitas akademika di universitas dan para profesional di sektor kerja. Dalam program ini, mahasiswa dapat memperoleh pengalaman belajar yang komprehensif, menggabungkan teori akademis dengan aplikasi praktis di lapangan. Pada semester Ganjil 2023/2024, Departemen Statistika Universitas Brawijaya mengimplementasikan program ini dalam dua mata kuliah wajib, yaitu “Dasar-dasar Pemrograman kelas B” dan “Teknik Sampling dan Survai Kelas B dan Kelas C”.

“Dasar-Dasar Pemrograman” adalah mata kuliah wajib di semester tiga yang dirancang untuk memampukan mahasiswa dalam memahami desain algoritma dan penerapannya menggunakan bahasa pemrograman. Mata kuliah ini juga bertujuan meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam penggunaan komputer dan pengembangan program, dengan fokus pada penggunaan software Pascal. Praktisi yang berkesempatan untuk berbagi pengalaman di kelas B Daspro adalah Bapak Aziz Ainun Najib, S.Si. yang merupakan fullstack engineer planville.de. Beliau mengajarkan mengenai dasar membuat program dengan bahasa pascal dan sharing mengenai program yang telah dibuat untuk Perusahaan Jerman tempat ia bekerja tersebut. Program ini dilaksanakan selama 6 kali pertemuan dengan 2 jam pada setiap pertemuannya. Pak Aziz dan Bu Silvi melakukan evaluasi langsung terhadap hasil proyek yang dipresentasikan oleh masing-masing kelompok.

Sementara itu, “Teknik Sampling dan Survai”, yang merupakan mata kuliah wajib di semester lima, bertujuan memberikan pemahaman tentang sampling dan survai, termasuk konsep-konsep dasar statistika, populasi, probabilitas, serta membandingkan kelebihan dan kekurangan berbagai metode seperti sensus, quick count, serta sampling probabilitas dan non-probabilitas. Program ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menambah wawasan mereka tentang penerapan pemrograman dan teknik sampling dalam konteks profesional, melalui pembelajaran dari narasumber yang berpengalaman di kedua bidang tersebut.

Kelas B dan C Mata Kuliah Teknik Sampling dan Survai dengan dosen pengajar Ibu Nur Silviyah Rahmi, S.Si, M.Stat, mendapat kesempatan untuk mengikuti program Praktisi Mengajar dari Kemendikbudristek. Program ini dilaksanakan sebanyak 4 pertemuan selama 3 jam yang diisi dengan pembelajaran dari praktisi sekaligus dimanfaatkan untuk presentasi team-based project. Bapak Abdul Ghofur, S.Si. terpilih menjadi pengajar pada kelas B dan Ibu Saras Wati Utami, S.Si., M.E. pada kelas C. Bapak Abdul Ghofur, S.Si menduduki posisi Kasie Central Data Dept. Sales & Marketing PT. BEHAESTEX yang berlokasi di Gresik dan Ibu Saras Wati Utami, S.Si., M.E merupakan Statistisi Ahli Muda Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Malang. Dengan pengalamannya di bidang teknik sampling dan survai, beliau dapat berbagi materi serta pengalamannya tentang bagaimana penerapan teknik sampling dan survai di dunia kerja.

Pada pertemuan terakhir ditutup penyampaian terima kasih mahasiswa kepada Pak Ghofur, Bu Saras dan Pak Aziz sebagai pengajar praktisi. Harapannya kegiatan ini akan bermanfaat dalam perjalanan akademis dan juga sebagai bekal yang kuat dalam menghadapi tantangan dunia kerja. Tak hanya itu, Program Praktisi Mengajar diharapkan dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi mahasiswa untuk terus belajar dan mengembangkan diri, sehingga mereka dapat menerapkan ilmu yang telah dipelajari dengan efektif di masa depan (NSR/ADR).

(Nur Silviyah Rahmi)

Dosen Pelaksana Praktisi Mengajar Angkatan 3