Kuliah Tamu “Tips and Trik Lolos Jurnal Sinta 2”


Selasa, 22 Agustus 2023 – Departemen Statistika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Brawijaya menyelenggarakan kuliah tamu dengan topik “Tips dan Trik Lolos Jurnal SINTA 2”. Narasumber kegiatan ini adalah Dr. Di Asih I Maruddani, S.Si., M.Si yang merupakan Editor in Chief Jurnal Media Statistika, Universitas Diponegoro. Tujuan kegiatan ini adalah sebagai bekal bagi mahasiswa Statistika Universitas Brawijaya baik S1 maupun S2 dalam melakukan publikasi jurnal ilmiah. Pada kuliah tamu ini, dihadiri oleh para dosen Departemen Statistika dan mahasiswa yang sangat aktif serta antusias selama kegiatan berlangsung. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya respon dan pertanyaan yang diberikan kepada narasumber.

Acara kuliah tamu dibuka pada pukul 9.15 WIB oleh ketua Departemen Statistika – Rahma Fitriani, S.Si., M.Sc., PhD. yang menyampaikan bahwa kuliah tamu ini sangat penting untuk mahasiswa Departemen Statistika terutama bagi mahasiswa S2 yang diwajibkan melakukan publikasi jurnal sebagai syarat kelulusan. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memudahkan para mahasiswa dalam proses publikasi karena pada kuliah tamu “Tips dan Trik Lolos Jurnal SINTA 2” ini telah dijelaskan mengenai hal apa saja yang membuat artikel kita dapat tembus jurnal bereputasi, seperti format penulisan, alur publikasi hingga publish, tata cara mem-follow up perkembangan artikel kita serta topik dalam artikel yang harus terdapat kebaruan dan harus sesuai dengan Focus and Scope dari jurnal yang dituju.

Acara penyampaian materi berlangsung selama 2 jam dan berjalan sangat baik. Tanya jawab antara peserta dengan narasumber dlakukan ditengah-tengah penyampaian materi agar peserta tidak hanya menerima materi saja, namun juga dalam prakteknya. Setelah penyampaian materi dan sesi diskusi selesai, selanjutnya terdapat sesi penyerahan sertifikat kepada narasumber oleh Kepala Program Studi Magister Statistika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Brawijaya selaku ketua pelaksana kegiatan tamu, Dr. Suci Astutik, S.Si., M.Si. sekaligus menutup acara kegiatan kuliah tamu. “Publikasi ilmiah merupakan hal yang penting selain sebagai syarat kelulusan, publikasi ilmiah juga sebagai tulisan atau karya dari para mahasiswa yang dipamerkan sehingga dapat dilihat oleh banyak orang” ucap ibu Suci.