Kegiatan 3 in 1: Kuliah Praktisi & Visiting Professor MK Statistika Pengendalian Mutu

Kamis, 8 Juni 2023 – Rangkaian kegiatan kuliah praktisi dan visiting professor telah terlaksana secara daring di Departemen Statistika, FMIPA Universitas Brawijaya. Kegiatan ini dikemas sebagai kegiatan 3 in 1 yang diterapkan pada salah satu mata kuliah di Program Studi Sarjana Statistika. Kegiatan 3 in 1 bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kompetensi mahasiswa serta mempersiapkan para mahasiswa dalam bersaing di masa depan. Rangkaian kegiatan 3 in 1 ini dibuka oleh Sekretaris Departemen Statistika yaitu Ibu Dr. Eni Sumarminingsih, S.Si., MM., serta menghadirkan berbagai narasumber yang terdiri dari praktisi industri, professor (akademisi) dari luar negeri, dan dosen internal FMIPA UB. Kegiatan ini terdiri dari 1 sesi kuliah tamu praktisi dan 2 sesi visiting professor.

Kegiatan 3 in 1 ini diterapkan pada mata kuliah Statistika Pengendalian Mutu (SPM). Pada hari Kamis, 11 Mei 2023 telah dilaksanakan Kuliah Tamu Praktisi tentang Penerapan SPM dalam dunia industri yang diikuti oleh 132 peserta, yakni mahasiswa kelas SPM B, C, dan D. Sebagai narasumber praktisi berasal dari PT Sumber Kopi Prima, yaitu Bapak Simon yang telah berpengalaman selama 10 tahun di bagian Pengendalian Mutu PT Sumber Kopi Prima. Secara aktif peserta dilibatkan dalam diskusi dengan praktisi terkait produk dan mekanisme pengendalian mutu yang secara langsung merupakan terapan teori statistika, khususnya pada mata kuliah SPM di PT Sumber Kopi Prima. Mahasiswa juga tampak bersemangat karena ada souvenir yang dijanjikan oleh PT SUmber Kopi Prima bagi mereka yang aktif bertanya dalam sesi diskusi tersebut. Kegiatan ini berlangsung selama 120 menit dan berjalan dengan lancer tanpa kendala.

Sebagai keberlanjutan dari sesi sebelumnya, rangkaian kegiatan 3 in 1 dilaksanakan dalam bentuk kegiatan visiting professor pada Kamis, 25 Mei 2023. Sebagai narasumber adalah Prof. Ts. Dr. M. Hisyam Lee, dari Universiti Teknologi Malaysia. Materi pada sesi ini berkenaan dengan “Control Chart: Moving Average (MA), Exponentially Weighted Moving Average (EWMA), Cumulative Sum (Cu-Sum) for subgroup and individual observation”. Materi ini diberikan selama 90 menit dan dilanjutkan dengan diskusi dengan mahasiswa selama 30 menit. Kegiatan ini dihadiri oleh peserta yang merupakan mahasiswa kelas SPM A, B, C, dan D, sejumlah 168 mahasiswa.

Sesi kedua dari kegiatan visiting professor pada 3 in 1 di Departemen Statistika berlangsung lancar dan baik pada Kamis, 8 Juni 2023 dengan dihadiri oleh 80 mahasiswa kelas SPM B dan D. Kegiatan dimulai pada pukul 13.00 oleh Prof. Lee dengan materi tentang “The Principals of Multivariate Process: T2-Hotelling Chart, Multivariate Cu-Sum (MCu-Sum), Multivariate EWMA (MEWMA) for subgroup and individual observations”. Setelah penyampaian materi dan diskusi berakhir, selanjutnya diberikan sertifikat secara simbolis kepada narasumber oleh Ketua Departemen Statistika Ibu Rahma Fitriani, S.Si., M.Sc., PhD sekaligus menutup acara. Kegiatan 3 in 1 ini diharapkan dapat terus dilakukan secara berkelanjutan untuk memberikan warna di tengah pelaksanaan perkuliahan regular pada umumnya. Kehadiran praktisi dan visiting professor sekaligus memberikan wawasan lengkap dari sisi teori dan terapan di dunia industri.

Malang, 19 Juni 2023
Tim Pelaksana 3in1 Statistika
Darmanto, S.Si., M.Si; Dr. Suci Astutik, S.Si., M.Si.; Luthfatul Amaliana, S.Si., M.Si.