MANIFESTASI DOSEN BERKARYA – PROGRAM SATU DATA MENUJU KABUPATEN MALANG TERINTEGRASI

 

Rekognisi kinerja dosen di Masa Society 5.0 sebagai implementasi dari Era Revolusi Industri 4.0 tidak hanya diukur dari karya yang terukir di dalam kampus dalam bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi (Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat), namun juga dituntut mampu memiliki networking  yang luas dan pengalaman kerja di  luar kampus, yaitu pengalaman yang mendalam dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI). Peranan dan karya dosen sebagai tenaga ahli dalam DUDI tentu akan sangat memperbaiki dan memperkuat kualitas dosen (unggul dan kreatif) dan menjadi ruang bagi dosen untuk mengaktualisasikan potensi secara maksimal. Pengakuan prestasi dosen yang mampu bekerja di luar kampus akan memberikan pengalaman nyata bagi dosen, sehingga dapat mentransfer pengalaman dan pengetahuan kepada mahasiswa sesuai dengan harapan dan tuntutan DUDI.

\

Dinas Komunikasi dan Informatika (DINKOMINFO) memiliki kewenangan sebagai wali data statistik sektoral sebagai tindak lanjut Peraturan Presiden (Perpes) Nomor 39 tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia. Wali data berarti pada satu unit yang bertugas melakukan kegiatan pengumpulan, pemeliharaan, dan pemutakhiran data serta melakukan pertukaran dan penyebarluasan data. Pengumpulan data statistik sektoral oleh DINKOMINFO Kabupaten Malang dapat dimanfaatkan untuk memperoleh data indikator strategis Pemerintah Kabupaten Malang. Melalui kegiatan Manifestasi Dosen Berkarya – Program Satu Data Menuju Kabupaten Malang Terintegrasi, menjadi karya tim dosen Jurusan Statistika FMIPA Universitas Brawijaya sebagai tenaga ahli di Dinas Kominfo Kabupaten Malang dalam mewujudkan kewenangannya menjadi wali data statistik sektoral yang sangat dibutuhkan dalam penyediaan data yang sesuai dengan amanah UU No. 126 Tahun 2020.

Kegiatan dosen berkarya bersama DINKOMINFO Kabupaten Malang dilaksanakan oleh tim dosen dan mahasiswa Jurusan Statistika FMIPA Universitas Brawijaya, Ketua tim dosen adalah Dr. Suci Astutik, S.Si, M.Si dengan tim anggota dosen adalah Prof. Dr. Ir. Ni Wayan Surya Wardhani, MS; Dr. Dra. Ani Budi Astuti, M.Si; Darmanto, S.Si, M.Si; dan Nur Silviyah Rahmi, S.Si, M.Stat; dan anggota mahasiswa adalah Ryan Adi Nugroho, Triardy Y. Satria Wibawa, Dimas Wahyu Nur, dan Wulaida Rizky Fitrilia. Tim yang mewakili DINKOMINFO Kabupaten Malang adalah Kepala Bidang Statistik dan Informasi Dinas Kominfo Kabupaten Malang, Joni Samsul Hadi, ST, M.Si; Kepala Seksi Statistik Dinas Kominfo Kabupaten Malang, Suriyadi, S.AP; Staf Seksi Statistik Dinas Kominfo Kabupaten Malang, Mbak Elsa, Mbak Garnis, dan Mbak Wulan. Selain itu, kegiatan ini terlaksana atas keterlibatan para mahasiswa PKL Jurusan Statistika, Fida Elis Silvana, Annisa Dinda Rahmawati, Firyal Rifdah Saifanah, dan Fira Zulfanita Damayanti. Kegiatan dosen berkarya berlangsung selama bulan Juni 2021 sampai dengan bulan Nopember 2021.

Program dosen berkarya Universitas Brawijaya tahun 2021 adalah salah satu program unggulan Universitas Brawijaya yang pertama kali diluncurkan di tahun 2021 melalui dana PNBP Universitas Brawijaya dengan luaran program adalah dosen bekerja di luar kampus untuk membantu memecahkan permasalahan yang ada di masyarakat, dalam hal ini DINKOMINFO Kabupaten Malang. Hasil kegiatan ini adalah DINKOMINFO Kabupaten Malang menjadi wali data statistik sektoral, Satu Data Menuju Kabupaten Malang Terintegrasi. Melalui Program Dosen Berkarya (DOKAR), dosen Universitas Brawijaya akan terus berkiprah dan berprestasi tanpa batas.