Online Guest Lecture (OGL) #10

Sabtu, 11 November 2023 – Departemen Statistika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Universitas Brawijaya telah berhasil menyelenggarakan Online Guest Lecture Series #10 dengan tema “Satu Data Indonesia dalam Mendukung Perkembangan Research BioStatistika” yang dihadiri oleh 65 partisipan melalui Zoom Meeting dan 4 partisipan melalui live streaming Youtube. Kali ini, Departemen Statistika kembali menyelenggarakan Online Guest Lecture Series #10 yang mengangkat tema “Satu Data Indonesia dalam Mendukung Perkembangan Research BioStatistika”. Masih sama seperti Online Guest Lecture series sebelumnya, kegiatan ini bersifat terbuka bagi civitas akademika di lingkungan internal maupun eksternal Departemen Statistika. Tujuan penyelenggaraan kegiatan ini adalah untuk menambah wawasan dan memperdalam topik-topik yang berkaitan dengan peran informasi geospasial dan bayesian dalam mendukung satu data Indonesia melalui perspektif statistika kepada dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa lingkungan Departemen Statistika maupun Non-Departemen Statistika yang memiliki ketertarikan terhadap topik yang diangkat pada Online Guest Lecture Series #10 ini.

Kegiatan Online Guest Lecture Series #10 kali ini menghadirkan dua narasumber yang memiliki keahlian di bidang biostatistika. Pemateri pertama adalah Rachman Rifai, S.Si., M.Si., M.Sc.. Beliau adalah Kepala Pusat Pengelolaan dan Penyebarluasan Informasi Geospasial (PPIG) Badan Informasi Geospasial (BIG). Beliau membawakan materi yang sesuai dengan tema kegiatan kali ini, yaitu “Satu Data Indonesia dalam Mendukung Perkembangan Research BioStatistika”. Pemateri kedua adalah Dr. Suci Astutik, S.Si., M.Si. yang merupakan Doktor Statistika bidang biostatistika Universitas Brawijaya. Beliau membawakan materi dengan topik “Bayesian Analysis to Support One Indonesian Data” yang secara khusus menjelaskan tentang pengantar analisis bayesian dan peranannya dalam mendukung satu data Indonesia. Di samping itu, Beliau juga menjelaskan mengenai pengaplikasiannya untuk mengatasi beberapa kasus di Indonesia.

Kegiatan ini dimulai pada pukul 08.00 WIB yang dibuka dengan pemutaran video profil Departemen Statistika dan Laboratorium Biostatistika. Kemudian dilanjutkan dengan pembukaan serta peresmian acara oleh Ketua Departemen Statistika, Fakultas MIPA, Universitas Brawijaya yaitu Rahma Fitriani, S.Si., M.Sc., Ph.D. dengan harapan semoga acara Online Guest Lecture Series #10 kali ini dapat berjalan dengan lancar dan dapat menambah wawasan bagi peserta mengenai peran informasi geospasial dan bayesian dalam mendukung satu data Indonesia.

Kegiatan Online Guest Lecture Series #10 dibagi menjadi 2 sesi, dimana sesi pertama merupakan penyajian materi serta diskusi oleh Rachman Rifai, S.Si., M.Si., M.Sc. selama 105 menit yang dipimpin langsung oleh Dr. Ir. Atiek Iriany, M.S. selaku moderator. Dr. Ir. Atiek Iriany, M.S. adalah Assistant Professor Laboratorium Biostatistika, Departemen Statistika, Universitas Brawijaya. Penyajian materi dan diskusi yang dilakukan pada sesi pertama lebih banyak membahas mengenai peran informasi geospasial untuk bangsa dan negara, peran badan informasi geospasial, implementasi infrastruktur informasi geospasial, data dan informasi geospasial, jenis informasi geospasial di Indonesia, prinsip data SDI (Satu Data Indonesia), implementasi strategis SDI, contoh standar data, tata kelola data, dan data prioritas dalam SDI.

Sesi kedua merupakan penyajian materi serta diskusi oleh Dr. Suci Astutik, S.Si., M.Si. selama 90 menit yang dipimpin langsung oleh Nur Silviyah Rahmi, S.Si., M.Si. selaku moderator. Nur Silviyah Rahmi, S.Si., M.Si. adalah Dosen di Laboratorium Biostatistika, Departemen Statistika, Universitas Brawijaya sekaligus ketua panitia Online Guest Lecture Series #10. Penyajian materi dan diskusi yang dilakukan pada sesi kedua ini berfokus pada peran bayesian dalam mendukung satu data Indonesia serta contoh penerapannya.

Kegiatan Online Guest Lecture Series #10 ini sangat diminati baik oleh dosen, tenaga kependidikan, maupun mahasiswa, melihat banyaknya pendaftar yang mencapai 209 pendaftar dengan total kehadiran mencapai 65 partisipan melalui Zoom Meeting dan 4 partisipan melalui live streaming Youtube Departemen Statistika. Sesi diskusi dan tanya jawab berjalan dengan sangat baik karena banyak peserta yang aktif bertanya kepada kedua pemateri. Peserta sangat mengapresiasi kegiatan ini dan berharap agar Departemen Statistika Fakultas MIPA Universitas Brawijaya dapat mengadakan kembali kegiatan Online Guest Lecture Series dengan tema seperti Machine Learning, Disease Mapping, Statistika Non Parametrik, Big Data, WarpPLS, Multivariate Spatial, dan lain sebagainya. 

Ketua Panitia

Nur Silviyah Rahmi