PROGRAM PRAKTISI MENGAJAR (Praktek BigQuery dari Praktisi eFishery Pada Mata Kuliah Basis Data)

Rabu, 7 Juni 2023– Praktisi Mengajar adalah program inisiasi Kemendikbudristek untuk mendorong kolaborasi aktif dari praktisi ahli dengan para dosen dalam mata kuliah yang disampaikan di kelas. Melalui Praktiktisi Mengajar, mahasiswa bisa mendapat pembelajaran holistik yang menghubungkan teori dengan praktik lapangan. Mata Kuliah Basis Data (MAS62131) merupakan Mata Kuliah Wajib semester 4 yang bertujuan untuk mempelajari konsep basis data, memodelkan sistem basis data, membuat bentuk normal desain logika relasi basis data, merancang sistem, membuat laporan menggunakan statistika dasar. Untuk dapat menambahkan wawasan mengenai penerapan basis data di dunia kerja, mahasiswa membutuhkan pengetahuan yang bersumber dari narasumber yang telah memiliki banyak pengalaman mengenai basis data.

Kelas B Mata Kuliah Basis Data dengan dosen pengajar Ibu Nur Silviyah Rahmi, S.Si, M.Stat, mendapat kesempatan untuk mengikuti program Praktisi Mengajar dari Kemendikbudristek. MK Basis Data kelas B merupakan salah satu dari 41 MK yang lolos. Program ini dilaksanakan sebanyak 6 pertemuan setiap hari Rabu pukul 1 siang hingga pukul 3 sore, dengan 4 pertemuan pertama diisi dengan pembelajaran dari praktisi dan 2 pertemuan terakhir dimanfaatkan untuk presentasi proyek akhir. Bapak Soni Adiyatma, S.Si terpilih menjadi pengajar pada program ini. Beliau Adalah seorang Data Analyst di eFishery dan ex-Data Analyst di Tokopedia. Dengan pengalamannya di bidang pengolahan data, beliau dapat berbagi tentang bagaimana penerapan basis data di dunia kerja.

Dari 4 pertemuan yang diisi dengan pembelajaran, terdapat 3 materi yang diberikan Pak Soni. Materi pertama berjudul “Introduction to Database and Bigquery”. Para materi ini Pak pak Soni menjelaskan segala hal seputar Data Analyst. Di mulai dari pengertian, kapasitas kerja, dan perbedaan antara Data Analyst, Data Scientist, dan Data engineer. Beliau juga menjelaskan tools yang saat ini sedang banyak digunakan oleh banyak perusahaan karena “powerfull” dalam pengolahan data yaitu Google Cloud Bigquery. Bigquery juga menjadi media pembelajaran SQL atau Structured Query Language selama praktisi mengajar berlangsung.

Materi kedua berjudul “Workflow Analysis”. Di materi ini, Pak Soni menjelaskan ada 4 step workflow analysis, yaitu mendefinisikan permasalahan, memilih metrik-metrik yang dapat menyelesaikan permasalahan, memperoleh insights, dan memberi rekomendasi. Pada proses ini, diperlukan pemahaman bisnis untuk memilih variabel kunci untuk dijadikan metrik yang nantinya akan menjadi indikator kesuksesan sebuah proyek. Beliau juga menjelaskan tentang DataMart, cara pembuatan, dan cara penggunannya. Pada materi terakhir yang berjudul “Implementation Model”, Pak Soni menjelaskan tentang model prediktif dan implementasinya.

Pada dua pertemuan terakhir, dilakukan presentasi team-based project. Pak Soni dan Bu Silvi melakukan evaluasi langsung terhadap hasil proyek yang dipresentasikan oleh masing-masing kelompok. Pada proyek ini, tiap kelompok melakukan pengolahan dari sebuah dataset hingga akhirnya dapat menjadi sebuah informasi yang bermanfaat menggunakan Bigquery. Topik yang diambil tiap kelompok sangat beragam, mulai dari Pendidikan, Kesehatan, pertanian, hingga hiburan seperti musik dan game.

Presentasi team-based project menjadi penutup diadakannya praktisi mengajar. Harapannya kegiatan ini dapat memberikan insights kepada mahasiswa mengenai pengaplikasian basis data di berbagai bidang serta dunia kerja. Pada pertemuan terakhir ditutup penyampaian terima kasih mahasiswa kepada Pak Soni sebagai pengajar praktisi.

Malang, 12 Juli 2023
Koordinator MK Basis Data
Nur Silviyah Rahmi, S.Si., M.Stat