Kuliah Tamu Basis Data “Peranan Statistika dalam Basis Data di Era Big Data”

Senin, 15 Mei 2023 – Kali pertama setelah pandemi Covid-19, Departemen Statistika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Brawijaya menyelenggarakan kuliah tamu Basis Data. Adapun narasumbernya adalah Bapak Andi Nugroho Dirgantara yang telah 10 tahun berpengalaman sebagai Lead Data Engineer Traveloka. Tujuan kegiatan ini sebagai upaya untuk mengakselerasi pengetahuan mahasiswa antara materi yang telah didapatkan sampai pada perkuliahan minggu ke-11 dan hubungannya terhadap keterampilan dunia kerja. Peserta kuliah tamu merupakan mahasiswa aktif semester 4 yang mengambil MK Basis Data Kelas A, B, C dan D. Adanya kuliah tamu juga dipergunakan sebagai pengganti kuliah regular yang dilaksanakan di kelas. Sebanyak 179 mahasiswa hadir dan bertugas untuk merangkum materi yang diberikan oleh narasumber.

Acara kuliah tamu dibuka pada pukul 10.15 oleh Ibu Wakil Dekan I Bidang Akademik – Ibu Nurjannah, S.Si., M.Phil., Ph.D. yang menyampaikan bahwa kuliah tamu basis data ini sangat menarik, mengingat narasumber telah berpengalaman di bidang data engineer. Selain itu, kebutuhan akan pemahaman big data di masa sekarang ini sebagai suatu kompetensi yang wajib. Fakultas MIPA juga telah mempersiapkan sarana prasarana berupa laboratorium dengan komputer super. Diharapkan melalui kegiatan ini, mahasiswa semakin tertarik memahami big data secara komprehensif dan di dukung oleh laboratorium yang ada.

Materi kuliah disampaikan oleh Pak Andi dan didampingi oleh mahasiswa Angkatan 2019, Wahana Mulyaning Galih sebagai moderator. Materi pertama mengenai pentingnya data sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan dan rekomendasi kepada atasan di dunia kerja. Adapun manfaat data dalam bidang product development terdiri dari restock recommender, cross sell recommender, customer recommender, demand forecasting, dan credit scores and loan approval. Metodologi big data yang dipakai saat ini seperti A/B testing digunakan pada rekomendasi fitur shop instagram untuk setiap akun. Produk dari penggunaan big data yaitu recommender system seperti rekomendasi tontonan youtube berdasarkan riwayat pencarian/tontonan sebelumnya. Sesi tanya jawab diikuti oleh para mahasiswa yang sangat antusias bertanya dan menunjukkan ketertarikan terhadap big data.

Acara penyampaian materi berlangsung selama 2 jam dan berjalan dengan baik. Setelah penyampaian materi selesai, selanjutnya terdapat sesi penyerahan sertifikat kepada narasumber oleh Kepala Departemen Statistika Ibu Rahma Fitriani, S.Si., M.Sc., PhD sekaligus menutup acara. Harapannya kegiatan ini bisa tetap dilakukan untuk memberikan variasi pelaksanaan perkuliahan regular sekaligus memberikan wawasan dari sisi aplikasi dunia kerja. “Selain keterampilan pemahaman big data, hal yang paling penting yaitu attitude, karena attitude menunjukkan keperibadian kalian sebagai mahasiswa” pungkas ibu Rahma.

Malang, 15 Mei 2023
Sekretaris Kegiatan Kuliah Tamu
Nur Silviyah Rahmi, S.Si., M.Stat