Departemen Statistika persiapan menerima Mahasiswa Baru PS Sarjana Sains Data


Foto: Diskusi Persiapan Penerimaan Maba PS Sarjana Sains Data

Departemen Statistika tahun ajaran Ganjil 2023/2024 akan menerima mahasiswa baru Program Studi (PS) Sarjana Sains Data. Hal ini telah diatur melalui Peraturan Rektor Universitas Brawijaya Nomor 23 Tahun 2022, tentang Organisasi dan Tata Kelola FMIPA, Pasal 30 ayat 5 terdiri atas Program Studi Sarjana Sains Data salah satu diantara 3 program studi dibawah Departemen Statistika selain Prodi Sarjana Statistika (S.Stat), dan Prodi Magister Statistika (M.Stat). Berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Nomor 46/B/HK/2019, Program Sarjana Sains Data termasuk Jejaring Keilmuan Multi, Inter, atau Transdisiplin, dengan gelar kesarjanaan S.SiD (Sarjana Sains Data). Rencana PS Sarjana Sains Data akan menerima 60 mahasiswa dari jalur SNBP, SNBT maupun jalur Mandiri.
Saat ini sedang dilakukan penyusunan Kurikulum INFOKOM (informatika dan Komputer) berbasis OBE (outcome Based Education) /KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia)/SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia) Prodi Sains Data oleh FORDI-SD (Forum Program Studi Sains Data), yang memiliki kemiripan dg FORSTAT (Forum Program Studi Statistika). Kedepan FORDI-SD ini bermuara pada APTIKOM (Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer) dibawah Lembaga Akreditasi Mandiri LAMINFOKOM (Lembaga Akreditasi Mandiri Informatika dan Komputer). Di sisi lain Prodi Sarjana Statistika dan Magister Statistika dibawah LAMSAMA (Lembaga Akreditasi Mandiri Sains Alam dan Ilmu Formal).

Pada era revolusi industri 4.0 menuju 5.0 tersedia data yang melimpah dengan berbagai variasi, volume, velocity dan veracity.
Data driven adalah suatu keniscayaan dalam pengambilan keputusan di berbagai sektor. Perusahaan bisnis, layanan publik, hingga partai politik memerlukan konsep sains data. Oleh karena itu, dibutuhkan Sarjana Sains Data yang sangat banyak, dan diyakini kebutuhan tersebut akan semakin meningkat.

Sains Data merupakan ilmu yang secara khusus mempelajari dan menganalisis data. Fungsi ilmu Sains Data dalam era digital dan big data saat ini cukup penting, karena melimpahnya data yang tersedia. Data menyimpan informasi yang dapat digunakan sebagai dasar dan perspektif di dalam proses pengambilan keputusan pada berbagai sektor. Sains Data dapat diterapkan pada sektor industri, kesehatan, pemerintahan, perbankan, keuangan, manufaktur, pemasaran, dan lain sebagainya.

Sains Data fokus pada pemrosesan data agar menjadi informasi yang akurat dengan diintegrasikan dengan teknologi informasi, dengan salah satu ciri penting adalah mengedepankan otomatisasi. Namun seringkali belum tersedia formula, rumus, algoritma atau model yang siap digunakan untuk pengolahan data yang spesifik. Oleh karena itu, perlu kolaborasi antara pemodelan statistika dan bahasa pemrograman, sebagai alat analisis yang tepat dan cepat. Sehingga perlu dikembangkan pembelajaran Sains Data berdasarkan pada integrasi Statistics Learning dan Machine Learning.

Kompetensi lulusan Program Studi Sarjana Sains Data di Departemen Statistika FMIPA UB adalah sebagai Data Science Analytics dan Data Engineer. Mengingat Program Studi ini di bawah Departemen Statistika, maka para lulusan juga dibekali dengan konsep Statistika yang memadai untuk menunjang kompetensi tersebut.

Secara lengkap informasi terkait kurikulum, kompetensi lulusan, dan lainnya dapat dilihat pada halaman.
https://statistika.ub.ac.id/sarjana-sains-data-s1/
Beberapa berita terkait sebagai berikut:
Link berita terkait:
Jawab Kebutuhan Digitalisasi Data, FMIPA UB Buka Program Studi Sains Data (https://www.rri.co.id/malang/iptek/172518/jawab-kebutuhan-digitalisasi-data-fmipa-ub-buka-program-studi-sains-data)
FMIPA UB Buka Program Studi Sains Data, Kuota 60 Mahasiswa (https://www.rri.co.id/malang/iptek/173557/fmipa-ub-buka-program-studi-sains-data-kuota-60-mahasiswa)
FMIPA UB Buka Prodi Sains Data (https://prasetya.ub.ac.id/fmipa-ub-buka-prodi-sains-data/)
Jawab Tantangan Pengolahan Data, FMIPA UB Buka Prodi Sains Data (https://prasetya.ub.ac.id/jawab-tantangan-pengolahan-data-fmipa-ub-buka-prodi-sains-data/).

 

Malang, 1 Maret 2023
Ketua Program Studi Sains Data
Dr. Adji Achmad Rinaldo Fernandes, S.Si., M.Sc.