KEGIATAN DOKAR (DOSEN BERKARYA) 2022

Bridging Data & Statistics Literacy pada Ilmu Sosial dan Ekonomi (Kolaborasi Universitas Brawijaya – Monash University)

Pada tanggal 12-17 November 2022, tim yang merupakan gabungan tiga Program Studi, Nurjannah, S.Si., M.Phil., Ph.D dari PS S1 Statistika FMIPA sebagai koordinator, Prof. Dr.Ir. Nuhfil Hanani AR. , MS dari PS S1 Agribisnis FP dan Dr.rer.pol. M. Faishal Aminuddin, S.S, M.Si dari PS S1 Ilmu Politik FISIP melakukan kunjungan ke Monash University dalam rangka kegiatan Dokar (Dosen Berkarya).

Kegiatan ini melibatkan 3 (tiga) Program Studi sebagai bentuk kolaborasi lintas ilmu dalam mengembangkan data literacy di tiga bidang yang berbeda namun saling berkaitan. Data literacy atau literasi data mencakup pemahaman tentang kemampuan membaca, menulis, menganalisis, dan berinteraksi dengan data. Statistika sebagai ilmu yang mempelajari bagaimana cara merencanakan, mengumpulkan, menganalisis,  menginterpretasikan dan mempresentasikan data akan diterapkan pada bidang ekonomi (utamanya bidang Agribisnis) dan juga ilmu sosial (utamanya bidang politik). Kolaborasi lintas ilmu ini akan dapat menjamin bahwa analisis data pada bidang ilmu baik sosial dan ekonomi sudah diproses secara ilmiah berdasarkan kaidah ilmu statistika yang valid dan relevan dan berdasarkan evidence based.

Program Dokar merupakan salah satu kegiatan unggulan Universitas Brawijaya yang pertama kali dilaksanakan pada tahun 2021 dengan tujuan umum untuk mewujudkan Visi dan Misi Universitas Brawijaya khususnya misi kedua, yakni “Menyelenggarakan penelitian untuk menghasilkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ber’manfaat bagi masyarakat”. Program Studi diharapkan bekerja sama dengan mitra nasional dan internasional khususnya Program Studi perguruan tinggi kelas dunia yang memiliki QS100 by Subject. Monash University saat ini tercatat menempati ranking 57 versi QS World, ranking 42 versi Times Higher Education Impact Rankings 2022 dan ranking 40 versi US News and World Report 2022.

Kegiatan ini telah menghasilkan beberapa luaran antara lain: 1) dokumen MoU antara Dekan FMIPA UB dengan Dekan Faculty of Business and Economics ; 2) Implemented Agreement antara Wakil Dekan Bidang Akademik FMIPA UB (Nurjannah, S.Si., M.Phil., Ph.D) dengan Deputy Dean of Education, Faculty Business and Economics Monash University (Prof. Robert Brooks) tentang kolaborasi riset, program staff and student mobility, dan Data Literacy Project ; 3) Dokumen Benchmarking terkait strategi internasionalisasi universitas dan pengembangan kurikulum. Kegiatan ini juga menghasilkan draft kerjasama antara FISIP UB dengan Faculty of Art Monash University.