Online Guest Lecture Series #5

Sabtu, 28 Mei 2022 – Tahun lalu, Departemen Statistika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Brawijaya telah berhasil menyelenggarakan Online Guest Lecture Series #4 dengan tema “Aplikasi Big Data dalam Bidang Sains” yang dihadiri oleh 300 partisipan melalui Zoom Meeting dan 52 partisipan melalui live streaming Youtube. Kali ini, Departemen Statistika kembali menyelenggarakan Online Guest Lecture Series #5 yang mengangkat tema “Kondisi Kesehatan di Indonesia dalam Perspektif Statistika”. Masih sama seperti Online Guest Lecture series sebelumnya, kegiatan ini bersifat terbuka bagi civitas akademika di lingkungan internal maupun eksternal Departemen Statistika. Tujuan penyelenggaraan kegiatan ini adalah untuk menambah wawasan dan memperdalam topik-topik yang berkaitan dengan kondisi kesehatan di Indonesia yang dibahas melalui perspektif statistika kepada dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa lingkungan Departemen Statistika maupun Non-Departemen Statistika yang memiliki ketertarikan terhadap topik yang diangkat pada Online Guest Lecture Series #5 ini.

Kegiatan Online Guest Lecture Series #5 kali ini menghadirkan dua narasumber yang memiliki keahlian di bidang kesehatan dan biostatistika. Pemateri pertama adalah Prof. Dr. Haryono Suyono, M.A., Ph.D. yang juga dikenal sebagai Bapak Keluarga Berencana Nasional. Beliau adalah Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) tahun 1983-1998, Menteri Negara Kependudukan tahun 1993-1998, serta Menko Kesejahteraan Rakyat dan Pengentasan Kemiskinan tahun 1998-1999. Prof. Dr. Haryono Suyono, M.A., Ph.D. membawakan materi yang sesuai dengan tema kegiatan kali ini, yaitu “Kondisi Kesehatan di Indonesia dalam Perspektif Statistika”. Pemateri kedua adalah Prof. Dr. Ir. Henny Pramoedyo, MS. yang merupakan Profesor Statistika bidang ilmu statistika spasial Universitas Brawijaya. Beliau membawakan materi dengan topik “Pemodelan Statistika Spasial Bidang Kesehatan” yang secara khusus menjelaskan tentang pengantar analisis spasial terapan dan pengaplikasiannya pada contoh kasus kesehatan di Indonesia.

Kegiatan ini dimulai pada pukul 08.00 WIB yang dibuka dengan pemutaran video profil Departemen Statistika dan Laboratorium Biostatistika. Kemudian dilanjutkan dengan pembukaan serta peresmian acara oleh Dekan Fakultas MIPA Universitas Brawijaya sekaligus Calon Rektor Terpilih Universitas Brawijaya periode 2022-2027 yaitu Prof. Widodo, S.Si., M.Si., Ph.D.Med.Sc. dengan harapan semoga acara Online Guest Lecture Series #5 kali ini dapat berjalan dengan lancar dan dapat menambah wawasan bagi peserta mengenai kondisi kesehatan di Indonesia dan penerapan pemodelan statistika spasial di bidang kesehatan.

Kegiatan Online Guest Lecture Series #5 dibagi menjadi 2 sesi, dimana sesi pertama merupakan penyajian materi serta diskusi oleh Prof. Dr. Haryono Suyono, M.A., Ph.D. selama 100 menit yang dipimpin langsung oleh Dr. Ir. Atiek Iriany, M.S. selaku moderator. Dr. Ir. Atiek Iriany, M.S. adalah Assistant Professor Laboratorium Biostatistika, Departemen Statistika, Universitas Brawijaya. Penyajian materi dan diskusi yang dilakukan pada sesi pertama lebih banyak membahas mengenai perkembangan kondisi kesehatan di Indonesia dari waktu ke waktu, permasalahan dan cara penyelesaian masalah kesehatan yang dihadapi Indonesia, serta peran statistika dalam menyelesaikan permasalahan tersebut.

Sesi kedua merupakan penyajian materi serta diskusi oleh Prof. Dr. Ir. Henny Pramoedyo, MS. selama 95 menit yang dipimpin langsung oleh Dr. Dra. Ani Budi Astusti, M.Si. selaku moderator. Dr. Dra. Ani Budi Astusti, M.Si. adalah Associate Professor serta Ketua Laboratorium Biostatistika, Departemen Statistika, Universitas Brawijaya. Penyajian materi dan diskusi yang dilakukan pada sesi kedua ini berfokus pada pemodelan statistika spasial, contoh aplikasinya pada kasus kesehatan di Indonesia, serta praktik penggunaan software yang dapat digunakan untuk pemetakkan wilayah dalam statistika spasial.

Kegiatan Online Guest Lecture Series #5 ini sangat diminati baik oleh dosen, tenaga kependidikan, maupun mahasiswa, melihat banyaknya pendaftar yang mencapai 487 pendaftar dengan total kehadiran mencapai 204 partisipan melalui Zoom Meeting dan 15 partisipan melalui live streaming Youtube Departemen Statistika. Sesi diskusi dan tanya jawab berjalan dengan sangat baik karena banyak peserta yang aktif bertanya kepada kedua pemateri. Peserta sangat mengapresiasi kegiatan ini dan berharap agar Departemen Statistika Fakultas MIPA Universitas Brawijaya dapat mengadakan kembali kegiatan Online Guest Lecture Series dengan tema seperti Statistika Medis, Statistika Kebencanaan Sosial, Machine Learning dan Ensemble, Analisis Bayesian, Small Area Estimation, Data Mining, dan lain sebagainya.