Kegiatan Online Guest Lecture Series #4

Sabtu, 11 September 2021 – Setelah berhasil menyelenggarakan Online Guest Lecture Series #3 yang mengangkat tema “Structural Equation Model”, kali ini dalam rangka menyambut Dies Natalis Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Brawijaya, seri keempat kegiatan Online Guest Lecture mengangkat tema “Aplikasi Big Data dalam Bidang Sains”. Sama halnya dengan Online Guest Lecture Series sebelum-sebelumnya, kegiatan ini bersifat terbuka baik bagi civitas akademika di lingkungan internal Jurusan Statistika maupun Non-Jurusan Statistika. Tujuan penyelenggaraan kegiatan ini adalah untuk menambah wawasan dan memperdalam topik-topik yang berkaitan dengan sains data, khususnya peran Big Data dalam bidang Kebijakan Publik, Kesehatan, dan Perspektif Pemodelan Statistika.

Pada Online Guest Lecture #4 ini menghadirkan tiga narasumber yang ahli di bidang sains data, yakni pemateri pertama adalah Setia Pramana, S.Si, M.Sc, Ph.D. yang merupakan Kepala Subdirektorat Pengembangan Model Statistik di Badan Pusat Statistik (BPS) dan seorang dosen di Politeknik Statistika STIS, yang membawakan materi dengan tema “Big Data for Public Policy: Opportunities and Challenges”. Lalu, pemateri kedua adalah Mieke Nurmalasari, S.Si, M.Si, M.Sc. yang merupakan seorang Dosen Manajemen Informasi Kesehatan di Universitas Esa Unggul, dimana beliau membawakan materi dengan tema “Data Science in Healthcare”. Terakhir, pemateri ketiga adalah Dr. Adji Achmad Rinaldo Fernandes, S.Si, M.Sc. yang merupakan Kepala Laboratorium Statistika Simulasi dan Komputasi dan Dosen Statistika FMIPA Universitas Brawijaya, dimana beliau membawakan materi dengan tema “Sains Data: Discourse Network Analysis (DNA) Sebagai Perspektif Pemodelan Statistika”.

Kegiatan Online Guest Lecture #4 ini dimulai pada pukul 08.00 WIB dengan pemutaran video profil Jurusan Statistika dan Laboratorium Statistika Simulasi dan Komputasi. Kemudian dilanjutkan dengan pembukaan serta peresmian acara oleh Dekan Fakultas MIPA Universitas Brawijaya yaitu Prof. Widodo, S.Si., M.Si., Ph.D.Med.Sc. dengan harapan acara ini dapat menjadi peluang untuk mengkaji hal-hal baru dan mengembangkan disiplin ilmu terkait.

Kegiatan Online Guest Lecture #4 terbagi menjadi tiga sesi, dimana sesi pertama yaitu penyampaian materi tentang “Big Data for Public Policy: Opportunities and Challenges” oleh Setia Pramana, S.Si, M.Sc, Ph.D. selama 50 menit. Pemateri menjelaskan bahwa setiap case itu mempunyai metodologi yang berbeda-beda. Data merupakan hal fundamental bagi banyak bidang studi. Data bisa berasal dari mana saja, seperti Crowdsourcing, Web Scraping, Web Crawling, media sosial, dan lain sebagainya. Tantangannya sekarang bagaimana mengemas data baik tekstual maupun nontekstual agar bisa dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat.

Sesi kedua yaitu penyampaian materi tentang “Data Science in Healthcare” oleh Mieke Nurmalasari, S.Si, M.Si, M.Sc. selama 20 menit. Pemateri menjelaskan tentang keunggulan, peran, dan aplikasi sains data pada bidang kesehatan. Beliau juga membubuhkan hasil penelitian-penelitian beliau yang memanfaatkan konsep Big Data pada analisisnya dikarenakan jenis dan banyaknya data pada bidang kesehatan yang melimpah.

Sesi ketiga yaitu penyampaian materi tentang “Sains Data: Discourse Network Analysis (DNA) Sebagai Perspektif Pemodelan Statistika” oleh Dr. Adji Achmad Rinaldo Fernandes, S.Si, M.Sc. selama 30 menit. Pemateri menjelaskan bahwa data dapat diproses melalui data mining lalu penambangan informasi atau information mining. Discourse Network Analysis (DNA) berperan besar dalam model building yang berupa pemodelan struktural statistika yang mana kompleksitasnya tinggi karena sebab akibatnya lebih dari satu. Hal ini karena DNA merupakan analisis real time yang menambang informasi bisa dari media sosial, berita, maupun produk hukum. Kemudian, beliau memaparkan tentang keunggulan dari konsep statistika kekar dan fleksibel.

Kegiatan Online Guest Lecture #4 ini sangat diminati baik oleh dosen maupun mahasiswa, melihat jumlah pendaftar sebanyak 562 dengan total kehadiran sekitar 300 partisipan melalui Zoom dan 52 partisipan melalui live streaming Youtube. Sesi tanya jawab berjalan dengan sangat baik karena banyak peserta yang aktif bertanya kepada ketiga pemateri. Peserta sangat mengapresiasi kegiatan ini dan berharap agar Jurusan Statistika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Univeritas Brawijaya berkenan mengadakan kembali acara ini dengan tema seperti Machine Learning, Artificial Intelligence, Big Data, Analisis Survival, Neural Networks, Analisis Spasial, Bayesian, Time Series, dan lain sebagainya. (CML/NSR/LA)