Online Guest Lecture Series #3

Sabtu, 19 Juli 2021 – Setelah berhasil menyelenggarakan Online Guest Lecture Series #2 yang menghadirkan narasumber ahli dalam bidang permodelan statistika kesehatan. Jurusan Statistika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Univeritas Brawijaya kembali menyelenggarakan Online Guest Lecture Series #3. Seri ketiga kegiatan Online Guest Lecture mengangkat tema “Structural Equation Model”. Sama halnya dengan Online Guest Lecture Series #2, kegiatan ini bersifat terbuka bagi civitas akademika di lingkungan internal Jurusan Statistika maupun Non-Jurusan Statistika. Tujuan penyelenggaraan kegiatan ini adalah untuk menambah wawasan dan memperdalam topik-topik keilmuwan statistika khususnya pada bidang ekonomi dan sosial kepada dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa di lingkungan Jurusan Statistika maupun Non-Jurusan Statistika.

Pada Online Guest Lecture Series #3 ini menghadirkan dua narasumber yang ahli di bidang Structural Equation Model (SEM) yakni pemateri pertama Dr. Ir. Solimun, M.S., salah satu Dosen Jurusan Statistika Universitas Brawijaya dengan materi yang disampaikan berupa Selayang Pandang Structural Equation Model. Dan pemateri kedua yakni Dr. Eduwin Pakpahan dari Department of Mathematics, Physics and Electrical Engineering, Northumbria University dengan materi yang disampaikan berupa Structural Equation Model pada Data Longitudinal. Kegiatan Online Guest Lecture Series #3 ini dimulai pada pukul 12.45 WIB dengan pemutaran video profil Jurusan Statistika. Pada pukul 13.00 WIB, acara dibuka oleh Dekan Fakultas MIPA Universitas Brawijaya yaitu Prof. Widodo, S.Si., M.Si., Ph.D.Med.Sc. dengan harapan semoga acara dapat berjalan dengan lancar dan dapat bermanfaat menambah wawasan bagi peserta karena memuat materi terkini.

Kegiatan Online Guest Lecture Series #3 terbagi menjadi 2 sesi, sesi pertama yaitu penyampaian materi Selayang Pandang Structural Equation Model oleh Dr. Ir. Solimun, M.S. selama 60 menit. Pemateri menjelaskan struktur penelitian kuantitatif, hipotesis penelitian, jenis penelitian didasarkan pada metode analisis data, ranah penelitian, permodelan, data laten dan multi variabel laten, metode indikator reflektif dan formatif, analisis regresi, sistem persamaan simultan, analisis faktor, analisis jalur sebagai dasar dari Structure Equation Model (SEM).

Sesi kedua yaitu penyampaian materi Structural Equation Model pada Data Longitudinal oleh Dr. Eduwin Pakpahan selama 60 menit. Pemateri menjelaskan SEM background, contoh-contoh variabel laten, variabel laten dalam matriks, data longitudinal meliputi perubahan dan faktor-faktor, struktur serta model campuran.

Kegiatan Online Guest Lecture Series #3 ini sangat diminati oleh Dosen dan mahasiswa, melihat jumlah pendaftar sebanyak 540 dengan total kehadiran sebanyak 240 partisipan. Meskipun selama kegiatan terdapat kendala jaringan yang menyebabkan tidak kondusifnya penyampaian materi karena pemateri sempat keluar ruang Zoom beberapa menit namun hal tersebut dapat segera teratasi dengan mengalihkan waktu kosong tersebut menjadi sesi tanya jawab. Walaupun demikian, peserta sangat mengapresiasi kegiatan ini dan berharap agar Jurusan Statistika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Univeritas Brawijaya berkenan mengadakan kembali acara ini dengan tema seperti Regresi Nonparametrik, Analisis Multivariat, Geographycally Weight Least Square, Time series, Analisis Survival, Spatial Econometrics, AMOS, dan Data Mining. (LUTHFA/SINTA/DAR)