Benchmarking Jurusan Statistika (UII – UB)

Demi Persiapan Pendirian PS Sarjana Sains Data, Jurusan Statistika FMIPA Universtias Brawijaya Berkunjung ke Jurusan/Prodi Statistika FMIPA Universitas Islam Indonesia

Kamis, 24.10.2020, pukul 13.00-15.00 WIB adalah waktu yang sangat berharga bagi team Pendirian Program Sarjana Sains Data, Jurusan Statistika, FMIPA UB. Saat itu, tim berkunjung secara online (mengingat suasana pandemi) ke Jurusan Statistika FMIPA UII. Berikut adalah peserta kegiatan

Kegiatan ini diikuti oleh Ketua Jurusan, Rahma Fitriani, S.Si., M.Sc., Ph.D.; Sekretaris Jurusan Nurjannah, S.Si., M.Phil., Ph.D.; Ketua Tim Penyusun Pendirian PS Sarjana Sains Data Dr. Ir. Solimun, MS.; segenap tim yaitu Achmad Efendi, S.Si., M.Sc., Ph.D. (juga selaku Ketua Program Studi Sarjana Statistika); Dr. Suci Astutik, S.Si., M.Si. (juga selaku Ketua Program Studi Magister Statistika); Dr. Dra. Ani Budi Astuti, M.Si. (juga selaku Ketua Laboratorium BioStatistika); Dr. Eni Sumarminingsih, S.Si., MM. (juga selaku Ketua Laboratorium Statistika Sosial dan Ekonomi); Dr. Adji Achmad Rinaldo Fernandes, S.Si., M.Sc. (juga selaku Ketua Laboratorium Statistika Simulasi dan Komputasi); Darmanto, S.Si., M.Si. (juga selaku Ketua Laboratorium Statistika Dasar); Dwi Ayu Lusia, S.Si., M.Si.; dan Nur Silviyah Rahmi, S.Si., M.Stat.. Tak lupa, acara ini diikuti oleh sebagian dosen Jurusan diluar tim pendirian yaitu Prof.Dr.Ir. Ni Wayan Surya Wardhani, MS.; Ir. Heni Kusdarwati, MS.; Luthfatul Amaliana, S.Si., M.Si; serta Samingun Handoyo, S.Si., M.Cs.

Acara ini dimoderatori oleh Ibu Dr. Suci Astutik, S.Si., M.Si. Alhamdulillah, tim diterima dengan hangat dan kekeluargaan oleh Tuan Rumah, yang dipimpin oleh Dr.Edy Widodo,S.Si., M.Si. sebagai ketua Jurusan Statistika FMIPA UII. Pak Edy memperkenalkan tim dari UII meliputi: Sekretaris Jurusan: Muhammad Hasan Sidiq Kurniawan, S.Si., M.Sc.; beberapa dosen diantaranya Dr. Raden Bagus Fajriya Hakim, S.Si., M.Si.; Arum Handini Primandari, S.Pd.Si., M.Sc.; Dina Tri Utari, S.Si., M.Sc.; Mujiati Dwi Kartikasari, S.Si., M.Sc.; Ayundyah Kesumawati, S.Si., M.Si.; Sekti Kartika Dini,S.Si., M.Si; Abdullah Ahmad Dzikrullah, S.Si., M.Sc; Muhammad Muhajir, S.Si., M.Sc.; Rahmadi Yotenka, S.Si., M.Sc.; Kariyam, S.Si., M.Si.; serta Atina Ahdika, S.Si., M.Si.

Pak Edy Widodo memberikan pemaparan bahwa Statistika UII telah mendapatkan akreditasi A setelah memperjuangkan lama karena merupakan universitas swasta. Salah satu konsentrasi di PS Sarjana Statistika UII adalah Sains Data, melengkapi empat konsentrasi lainnya yang tak kalah penting yaitu Statistika Manajemen Kebencanaan, Statistika Bisnis dan Sosial; Statistika Industri, dan Aktuaria.  Khusus konsentrasi Sains Data, 3 mata kuliah wajib adalah Teknologi Informasi dan Big Data; Business Intelligence, dan Machine Learning, serta Data Visualisasi. Berikutnya pemaparan Pak Hakim yang menjadi salah satu pakar Sains Data di Statistika UII.

Pemaparan diawali dengan diskusi berdirinya konsentrasi Sains Data. Bersama untuk kemajuan Bangsa. Tahun 2011 merupakan awalan adanya Sains Data. Diawali dengan Data Science Weekend yang mendatangkan 80 perusahaan dimana “Bahasa” data sains yang digunakan masih asing di kala itu. Kemudian kami mendapatkan ide untuk memberanikan diri mengambil konsentrasi sains data. kata kuncinya adalah big data yang mempengaruhi semua aspek. Bisa jadi kurikulum yang sudah kita bangun, sudah tidak match lagi karena saat ini perusahaan banyak yang membutuhkan lulusan sains data. Sehingga dengan permintaan tersebut, terdapat gap untuk memenuhi kebutuhan yang diminta oleh pasar. Mau tidak mau, kita seharusnya mau untuk merombak kurikulum sehingga gap semakin kecil. Lulusan dipaksa untuk tidak boleh pulang kampung, agar mampu bekerja di kota yang tersedia data dan menjadi ahli data. Karena amat sangat sayang jika lulusan tidak diarahkan ke big data. Lulusan harus berani ke Jakarta dan kota-kota besar.

Jika dilihat dari kamus mengenai statistik, adalah konsentrasi untuk mengkoleksi data, organisasi data, analisis, interpretasi data dan presentasi data. Misal terjadi data hilang bagaimana, jika varians tinggi bagaimana, bagaimana jika smoothing, dll. Kemudian interpretasi missal H0 ditolak dst, Sehingga sangat sesuai jika statistikawan adalah basic seorang Data Scientist. Kemudian seorang Data Scientist harus mampu mengkomunikasikan ke perusahaan dengan bahasa yang lebih mudah dan hal tersebut dicover oleh 1 sks MK mengenai re-story telling hasil analisis.

Beberapa hal penting dari kegiatan benchmarking ini adalah bahwa kebutuhan sains data sangat penting mengingat Big Data. Selanjutnya dalam penyusunan kurikulum perlu diperhatikan MK di prodi statistika dan data sains, sehingga dipertimbangkan kembali dalam persiapan pendirian prodi s1 sains data. Di sisi lain, data sains dalah kombinasi statistika dan komputasi. Lulusan data sains sangat banyak yang membutuhkan dengan gaji yang cukup tinggi. Terkait sarana prasarana, Lab tidak perlu ada computer, yang paling penting adalah fasilitas internet dan peminjaman laptop atau computer dengan spek tinggi atau cloud computing. Dari segi kurikulum, Core MK Statistika sepertinya sama dengan MK Data Sains.

Di akhir acara, setelah sesi foto, Ketua Panitian Pendirian PS Sarjana Sains Data, Pak Dr. Ir. Solimun, MS., mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada UII. Semoga senantiasa diberikan Kesehatan dan dijauhkan dari wabah. Semoga segera bisa berkunjung secara langsung ke UII. Semoga pertemuan ini membawa manfaat dan membawa berkah untuk kita semua. Jika ada khilaf kami memohon maaf yang sebesar-besarnya (Redaktur AARF).