Visi PS Magister Statistika

Menjadi pusat pendidikan magister Statistika yang berdaya saing di tingkat internasional, khususnya di bidang komputasi statistika, sosial, ekonomi, dan hayati pada tahun 2035.

 

Misi PS Magister Statistika

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran magister statistika khususnya dalam pengembangan statistika komputasi, sosial, ekonomi, dan hayati.
  2. Melakukan penelitian yang menunjang pengembangan statistika dan menyebarluaskan penerapan statistika kepada masyarakat.
  3. Melakukan kerjasama dengan pihak lain di tingkat nasional dan internasional.

 

Tujuan PS Magister Statistika

  1. Menghasilkan lulusan magister Statistika yang berkompeten dalam mengembangkan statistika komputasi, sosial, ekonomi, dan hayati.
  2. Menghasilkan karya ilmiah yang mampu mendukung pemecahan permasalahan masyarakat secara statistika.
  3. Menyebarluaskan hasil penelitian kepada masyarakat.
  4. Menjalin kerjasama dengan industri, lembaga pemerintahan dan swasta, di tingkat nasional dan internasional dengan prinsip saling menguntungkan.

 

Capaian Pembelajaran Program Studi

  1. Lulusan yang menguasai dan mengembangkan konsep dasar keilmuan dan metode analisis statistika yang dapat diaplikasikan pada bidang komputasi, sosial, ekonomi, industri dan hayati dalam bentuk karya yang inovatif dan teruji.
  2. Lulusan yang mampu menyusun, memilih, dan mengembangkan rancangan pengumpulan/pembangkitan data secara efisien dan menerapkan dalam bentuk survei, percobaan, atau simulasi.
  3. Lulusan yang mampu mengelola, menganalisis data, dan menyelesaikan permasalahan nyata menggunakan metode statistika di bidang komputasi statistika, sosial, ekonomi, industri dan hayati dengan bantuan perangkat lunak, serta menyajikan dan mengkomunikasikan hasilnya.
  4. Lulusan yang menguasai minimal dua perangkat lunak statistika dan mempunyai kemampuan untuk mengembangkan alat analisis data, termasuk yang berbasis open source.
  5. Lulusan yang mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif secara mandiri dalam mengelola riset dengan hasil yang bermutu dan terukur serta mendapat pengakuan nasional dan internasional dalam implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi bagi masyarakat.
  6. Lulusan yang mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja, serta melakukan supervisi dan evaluasi terhadap kinerja tim yang dipimpinnya.
  7. Lulusan yang mampu menerapkan dan menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, kewirausahaan berdasarkan nilai, norma, dan etika akademik serta nilai Pancasila dalam segala aspek kehidupan.

 

Topik Kajian Riset

  1. Statistika IndustriBisnisPublikEkonomi dan Sosial
  • Quality controlquality assurance
  • Keuangan dan Perbankan
  • Riset Manajemen
  • Ekonometrika
  1. Statistika Kesehatan, Agroforestry, Sumber Daya Alam (SDA) dan Energy
  • Biostatistika
  • Pemodelan agroforestry : kebencanaan
  • Pemodelan iklim, cuaca, curah hujan, dll
  1. Statistika Komputasi dan Sains Data
  • Jaringan Syaraf Tiruan, Metode Fuzzy
  • Big Data
  • Data Mining, dll.