Ditulis pada tanggal 1 November 2017, oleh riesky ovta hidayat, pada kategori kegiatan

kunjungan

Rabu, 25 Oktober 2017, Kelompok Kajian Pemodelan Statististika di Bidang Manajemen melakukan kunjungan ke PT. HM. Sampoerna Tbk. Peserta yang mengikuti kunjungan sebanyak 21 orang yang terdiri dari tujuh dosen, tiga staf karyawan, dan sebelas orang mahasiswa . Pukul 07.00 semua peserta sudah berkumpul di Gedung Graha Sainta Universitas Brawijaya, kemudian melakukan persiapan dan foto bersama. Setelah itu, semua masuk ke dalam mobil masing-masing sesuai yang telah ditentukan. Pukul 07.35 semua melakukan pemberangkatan ke PT. HM. Sampoerna.

Tepat pukul 10.00, Kelompok Kajian tiba di PT. HM. Sampoerna Tbk bagian PPK Sampoerna yang merupakan Pusat Pelatihan Kewirausahaan Sampoerna. Rombongan mendapat sambutan dari Ibu Wido selaku salah satu pengurus di PPK Sampoerna bagian SETC (Sampoerna Enterpreneur Training Center). Ibu Wido memberikan pengantar mengenai CSR dan Pelatihan Kewirausahaan yang dilakukan oleh PT Sampoerna selama ini, namun di SETC Ibu Wido tidak menjelaskan produk yang dihasilkan oleh Sampoerna. Setelah memberikan pengantar, selanjutnya sambutan oleh Bapak Solimun selaku Ketua Kelompok Kajian yang berisi dari pengenalan Program Studi Statistika, Pengenalan Kelompok Kajian, dan Pengenalan Tim Kelompok Kajian. Setelah pemberian sambutan, dilanjutkan dengan materi mengenai PPK Sampoerna dimana PPK Sampoerna memiliki moto “Hanya 2 Jam Dunia Dalam Genggaman”. Moto ini memberikan penjelasan bahwa dengan 2 jam pelatihan yang diberikan oleh PPK Sampoerna maka ilmu yang diberikan dapat dipraktikkan dalam keseharian dan membawa keuntungan dengan menambah pendapatan. Selain itu, Ibu Wido memberikan penjelasan bahwa seorang entrepreneur harus mengetahui proses bukan hanya produk yang sudah jadi sehingga seluruh karyawan dan atasan harus mengetahui proses pembuatan dari awal sampe akhir dan bertanggung jawab terhadap produk dan perlengkapan yang dihasilkan. Selain itu banyak ilmu yang diberikan oleh Ibu Wido dalam hal entrepreneur dan CSR yang dilakukan PPK Sampoerna. Setelah dilakukan penjelasan mengenai PPK Sampoerna selanjutnya dilakukan sesi tanya jawab.

Pukul 12.10 WIB, sesi tanya jawab selesai sehingga harus dilanjutkan ke sesi selanjutnya yaitu pengenalan lingkungan PPK Sampoerna. Pengenalan mengenai tanaman, alat, bahan, serta semua hal yang berkaitan dengan PT. HM. Sampoerna. Dari pengenalan lingkungan, rombongan kelompok kajian belajar bahwa PT. HM. Sampoerna tidak hanya memproduksi produk, tetapi melakukan penelitian dan pengembangan keilmuwan dalam bidang pertanian, peternakan, perikanana, dan lain-lain.

Setelah melakukan pengenalan lingkungan, selanjutnya seluruh rombongan pergi ke bagian lain dari PPK Sampoerna yaitu SAC (Sampoerna Agro Center). Bagian ini merupakan bagian yang melakukan analisis dari tanaman yang dikelola oleh PT. HM. Sampoerna yaitu Tanaman Cengkeh dan Tembakau. Pada bagian ini, Tim Kelompok Kajian dan Tim SAC melakukan sharing keilmuwan di bidang pertanian dimana Tim SAC meminta saran dan pendapat Tim Kelompok Kajian mengenai penelitian yang dilakukan. Sesi tanya jawab diikuti oleh kedua tim dengan antusias serta banyak diskusi yang sangat bermanfaat bagi kedua belah pihak. Setelah selesai diskusi, kami melakukan foto bersama di dalam galeri sampoerna yang dimiliki oleh SAC. Setelah itu, Tim Kelompok Kajian melakukan perjalanan pulang ke Universitas Brawijaya pukul 15.40. Seluruh peserta sangat senang karena banyak ilmu dan pengetahuan yang didapatkan dari kunjungan ini.