Studi Banding ke PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Jakarta

Kelompok Kajian Unggulan Pemodelan Statististika di Bidang Manajemen (KKU-PSBM) melakukan kunjungan ke BRI (Bank Rakyat Indonesia) Pusat di Jakarta pada tanggal 27 Agustus 2018. Kunjungan kali ini merupakan serangkaian benchmarking (studi banding) dari KKU-PSBM dengan Kantor BRI Pusat. Benchmarking adalah suatu proses yang biasa digunakan dalam bidang manajemen strategis, dimana dalam hal ini suatu organisasi mengukur dan membandingkan kinerjanya terhadap kinerja organisasi lain secara internal dan eksternal. Tim KKU-PSBM yang mengikuti kunjungan ini yaitu dosen Dr. Ir. Solimun, MS dan 2 mahasiswa yang bernama Hanifah dan Galuh Kusuma Wardani.

Setibanya di BRI Jakarta, tim dari KK disambut langsung oleh Direktur BRI yaitu Bapak Sis Apik W. Pada pertemuan awal, Bapak Solimun mendapatkan kesempatan pertama untuk memperkenalkan diri tentang Kelompok Kajian Unggulan Pemodelan Statistika Universitas Brawijaya dan sekaligus menyampaikan tujuan kunjungan ini. Salah satu tujuan utama pertemuan antara Tim KKU-PSBM dan Direktur BRI adalah membahas rencana project “Innovation Culture”. Innovation Culture (IC) adalah suatu budaya (culture) yang terus berupaya melakukan penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya. Budaya inovasi merupakan sikap yang sangat penting dan harus terus ditumbuhkan di suatu perusahaan sehingga kesuksesan dan keberhasilan perusahaan dapat dicapai dengan baik.

Oleh karena itu dalam mewujudkan project Innovation Culture akan dilakukan rencana penelitian oleh 2 mahasiswa KKU-PSBM tentang IC di Kantor BRI. Pada kunjungan ini juga menghasilkan rencana kerjasama antara KKU-PSBM dan BRI untuk pemetaan pegawai BRI berdasarkan Innovation Culture sekaligus untuk penelitian tahun kedua penelitian berbasis kompetensi dengan judul “Rekonstruksi Structural Flexibility and Acceptance Model (SFAM) Berbasis Inovasi Disrupsi Bidang Sosial Humaniora dan Pendidikan” di Kantor BRI.