Menjalin Kerjasama dengan PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk

           Salah satu kegiatan Kelompok Kajian Unggulan Pemodelan Statististika di Bidang Manajemen (KKU-PSBM) yaitu melakukan kunjungan ke BTN (Bank Tabungan Negara) Pusat di Jakarta pada tanggal 27 Agustus 2018. Kunjungan kali ini bertujuan untuk menindak lanjuti kerjasama antara KKU-PSBM dengan Kantor BTN Pusat. Dimana kerjasama ini tentang pendampingan pengembangan CSM (Credit Scoring Model) Bank BTN. Model penilaian kredit (Credit Scoring Model) adalah analisis statistika yang digunakan oleh lembaga keuangan untuk mengevaluasi kelayakan nasabah untuk menerima kredit. Sebagai salah satu lembaga keuangan terbesar di Indonesia, PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk-Bank BTN telah memiliki model CSM untuk menilai kelayakan pengajuan kredit nasabah.

            Oleh karena itu dalam hal ini Bank BTN memerlukan pendampingan KKU-PSBM untuk dapat membantu beberapa proses analisis kuantitatif statistika. Tim KKU-PSBM yang mengikuti kegiatan ini yaitu dosen Dr. Ir. Solimun, MS dan 2 mahasiswa yang bernama Hanifah dan Galuh Kusuma Wardani. Setibanya di Bank BTN Jakarta, tim dari KK langsung melaksanakan pertemuan dengan bagian bidang kreditur BTN. Pada pertemuan ini, Bapak Solimun menyampaikan laporan tahap 1 pendampingan pengembangan CSM (Credit Scoring Model) PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk.

            Beberapa hasil yang disampaikan oleh Tim KK yaitu untuk pengujian validitas dan reliabilitas kuesioner pada salah satu Kota yaitu Semarang menunjukkan bahwa variabel ketepatan waktu, ketaatan, tanggung jawab, dan idealisme adalah valid. Penyampaian hasil yang kedua yaitu tentang analisis cluster pengelompokan personality nasabah Bank BTN di Indonesia, dimana menghasilkan 3 cluster atau kelompok. Cluster 1 terdiri dari Malang, Makassar, Semarang, Pontianak, Tangerang, Bekasi, Cirebon, dan Medan. Cluster 2 terdiri dari Lombok, Pekanbaru, Bali, dan Manado. Cluster 3 terdiri dari Banjarmasin, Cilegon, Jogja, Bandung, Jakarta, dan Depok. Hasil yang ketiga yaitu mengenai analisis profil antar personality nasabah di setiap cluster berdasarkan variabel yang digunakan dalam penelitian ini.

             Pada akhir pertemuan ini dari pihak Bank BTN menyampaikan saran-saran kepada Tim KKU-PSBM mengenai kuesioner yang digunakan pada penelitian. Bank BTN memberikan saran mengenai wilayah mana saja yang mendapatkan pembagian kuesioner untuk tahap selanjutnya.