Kunjungan Wakil Ketua DPR Agus Hermanto

Pada tanggal 10 Novemver 2017 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Brawijaya dikunjungi oleh Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto. Bukan tanpa sebab, kunjungan Wakil Ketua DPR ke FMIPA UB kali ini adalah sebagai pembicara FGD (Focus Group Discussion). FGD tersebut membahas tentang energi terbarukan panas bumi yaitu energi geothermal.  Tak hanya itu ruang kerja Kelompok Kajian Pemodelan Statistika Aplikasi di Bidang Manajemen mendapat kesempatan dikunjung dan ditinjau langsung oleh Wakil Ketua DPR RI. “ Saya kira untuk kelompok kajian yang memiliki output yang luarbiasa seperti ini memerlukan ruang kerja yang lebih besar agar kegiatan yang dilakukan lebih maksimal”, ujar Wakil Ketua DPR RI tersebut.

Selain itu kegiatan FGD tersebut dihadiri oleh beberapa pembicara seperti Professor How-Wei Chen dari Dept. of Earth Sciences, National Central University, Taouyuan City Taiwan, Drs. Adi Susilo, M.SI., Ph. D. selaku Dekan FMIPA, dan Dr. Ir. Solimun, MS selaku Ketua Kelompok Kajian Pemodelan Statistika Universitas Brawijaya.

Meskipun fokus kegiatan diskusi ini membahas mengenai energi geothermal, tetapi peran statistika tentu sangat dibutuhkan dalam kegiatan manajemen sumber daya. Perihal pentingnya manajemen sumber daya energi khususnya sumber daya energi geothermal disampaikan Ketua Kelompok Kajian Pemodelan Statisika Aplikasi di Bidang Manajemen Bapak Dr. Ir. Solimun, MS. Beliau mengutarakan bahwa tanpa diimbangi dengan adanya manajemen pada pengelolaan energi geothermal tentu saja menjadi kurang maksimal dan kurang tepat guna sesuai tujuan dan manfaatnya.

Dr. Ir. Solimun, MS. menambahkan bahwa diharapkan nantinya akan terjalin kerjasama antara ilmu statistika yang diaplikasikan pada bidang manajemen dengan proyek energi geothermal. Hal ini dipertegas dengan pernyataan Bapak Agus Hermanto agar nanti Kelompok Kajian Pemodelan Statistika Aplikasi di Bidang Manajemen dapat menjadi Pusat Studi Pemodelan Statistika Aplikasi di Manajemen Geothermal dan bekerja sama dengan pihak-pihak terkait mengenai pengembangan energi geothermal