Yth. Direktur Eksekutif BAN PT.
Berikut kami kirimkan bukti dukung surveilen banding secara daring dari PS Magister Statistika – FMIPA Universitas Brawijaya, antara lain :
1. SK Akreditasi BAN-PT yg terakhir
2. Butir-butir banding yang diajukan 
3. Bukti atau informasi yang mendukung masing-masing butir banding: Tabel di bawah
4. Laman resmi:

5. Informasi tambahan yang dianggap perlu: Borang 3A PS Magister Statistika UB

Tabel. Bukti atau Informasi yang Mendukung Masing-Masing Butir Banding

No. Butir Penjelasan Keberatan Untuk Perbaikan Bukti Dukung
(1) (2) (4)
1. 1.1.1 VMTS Program Studi Magister Statistika Universitas Brawijaya telah dinyatakan dengan sangat jelas, sangat realistik dan saling terkait satu dengan yang lain sesuai dengan VMTS institusi. Dalam penyusunan VMTS juga melibatkan dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan, alumni, pakar dan masyarakat (pengguna).

Sebagaimana yang telah disebutkan pada Borang 3A Standar 1 halaman 1 tentang proses penyusunan VMTS Program Studi Magister Statistika, bahwa VMTS Program Studi Magister Statistika diturunkan dari VMTS Jurusan, Fakultas dan Universitas.

Berikut ini adalah bukti-bukti yang mendukung bahwa VMTS Program Studi Magister  Statistika sangat jelas, sangat realistik dan saling terkait satu sama lain:

·      Visi Universitas Brawijaya:

 Menjadi universitas unggul yang berstandar internasional dan mampu berperan aktif dalam pembangunan bangsa melalui proses pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

 ·      Visi Fakultas MIPA:

Menjadi institusi teladan dalam menyelenggarakan pendidikan sain dan matematika dengan standar internasional dan mendukung ilmu-ilmu terapan untuk meningkatkan kesejahteraan manusia.

 ·      Visi Jurusan Statistika:

Menjadi lembaga pendidikan dan pengembangan statistika bertaraf internasional dan berkontribusi dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya bidang komputasi statistika, sosial, ekonomi dan hayati.

·      Visi Program Studi Magister Statistika:

Menjadi pusat pendidikan magister Statistika yang unggul di tingkat internasional, khususnya di bidang komputasi statistika, sosial, ekonomi dan hayati pada tahun 2025.

 Sangat jelas yang dimaksud adalah visi program studi telah dinyatakan secara sangat eksplisit dan tidak menimbulkan kontrovesi dalam pemaknaannya. Bukti Dokumen: Buku Pedoman Pendidikan Program Magister dan Program Doktor FMIPA

 Sangat realistik yang dimaksud adalah visi program studi disusun selain merujuk pada institusi di atasnya, juga disesuaikan dengan bidang pendidikan, penelitian dan pengabdikan kepada masyarakat yang dilakukan dan dikelola oleh bidang statistika. Selain itu, karena dalam penyusunannya melibatkan dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan, alumni, pakar dan masyarakat (pengguna), sehingga hasilnya sangat realistik dan sangat sesuai dengan kebutuhan stakeholder. Bukti Dokumen: Renstra PS, Renstra Jurusan, Renstra Fakultas, Capaian Renstra PS, Capaian Renstra Jurusan, Kontrak Kinerja Fakultas

 Saling terkait satu dengan yang lain yang dimaksud adalah adanya kesamaan dalam beberapa kata kunci dari visi program studi yang diuraikan mulai dari tingkat universitas hingga tingkat program studi. Bukti Dokumen: Visi dan Misi Universitas Brawijaya, Visi dan Misi Fakultas MIPA, Visi dan Misi Jurusan Statistika, Visi dan Misi PS Magister Statistika

Bukti dukung penyusunan VMTS Program Studi Magister Statistika juga melibatkan dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan, alumni dan masyarakat adalah (Borang 3A Sub bab 3.3.1):

1.    Adanya beberapa kegiatan rapat dan lokakarya kurikulum yang melibatkan civitas akademika. Bukti Dokumen: Laporan Rekonstruksi Kurikulum 

2.    Adanya kegiatan penyebaran kuesioner (tracer study) melalui pengisian google form dengan alamat daring https://bit.ly/2Gzc9ZM untuk stakeholder pengguna lulusan.

3.    Adanya kegiatan studi banding/benchmarking kurikulum secara online pada PS Magister S2 di PT lain (IPB, UNDIP, UNPAD dan UNIB)

4.    Adanya kegiatan mengundang pakar dari insitusi lain (ITS) yang lebih mapan dari keilmuwan statistika untuk sharing tentang kurikulum. Bukti: Berita Acara 

Berbagai bukti aktifitas civitas akademika untuk mewujudkan program studi yang unggul di tingkat internasional adalah sebagai berikut:

1.    Borang 3A. Sub bab 2.1. Poin 3 Akuntabel Sub Sasaran 5, dari 64 judul artikel ilmiah/karya ilmiah/karya seni/buku yang dipublikasikan oleh dosen tetap yang bidang keahliannya sesuai dengan Program Studi dalam tiga tahun terakhir, 50 buah di antaranya (78%) dipublikasikan dalam jurnal bereputasi terindeks Scopus. Borang 3A Tabel 7.1.5 (Bukti untuk Tabel 7.1.5), ada sebanyak 13 publikasi terindeks scopus pada tahun 2016, kemudian meningkat ada sebanyak 28 publikasi terindeks scopus pada tahun 2017 dan meningkat lagi ada 30 publikasi terindeks scopus pada tahun 2018.

2.    Borang 3A Sub bab 2.1 Poin 3 Akuntabel Sub Sasaran 2 pada Tabel 3.2.2 (Bukti untuk Tabel 3.2.2dan Tabel 4.5.3 (Bukti untuk Tabel 4.5.3), diseminasi hasil-hasil penelitian dosen dan mahasiswa telah dilaksanakan di tingkat internasional, baik dalam maupun luar negeri dan ada 1 orang mahasiswa sebagai pemakalah dalam seminar internasional. Berdasarkan Tabel 4.5.3 (Bukti untuk Tabel 4.5.3), ada 39 Kegiatan Seminar/Workshop Internasional yang diikuti oleh dosen selama  tahun 2016-2018.

3.    Borang 3A Sub bab 2.1 Poin 3 Akuntabel Sub Sasaran 6 pada Tabel 7.3.1 dan Tabel 7.3.2, kerjasama institusi dalam negeri meningkat dari sebanyak 3 pada tahun 2017 meningkat menjadi 4 kerjasama pada tahun 2018 (Bukti untuk Standar 7 Tabel 7.3.1). Sedangkan kerjasama dengan institusi luar negeri meningkat dari 1 kerjasama pada tahun 2016, menjadi 3 kerjasama pada tahun 2017 dan 1 kerjasama pada tahun 2018 (Bukti untuk Standar 7 Tabel 7.3.2).

4.    Borang 3A Standar 4 pada Tabel 4.5.2 (Bukti untuk Standar 4 pada Tabel 4.5.2), Kuliah-kuliah tamu dilaksanakan dengan mengundang pakar-pakar dari institusi internasional, yaitu sebanyak 23 orang selama tiga  tahun terakhir (2016-2018).

5.    Borang 3A Standar 4 pada Tabel 4.5.2 (Bukti untuk Standar 4 pada Tabel 4.5.2), seminar yang bertaraf internasional dilakukan oleh institusi FMIPA dengan melibatkan semua jurusan sebagai penyelenggara secara bergiliran dan dilaksanakan secara kontinyu setiap tahun, yaitu Basic Science 2016, Basic Science 2017 dan Basic Science 2018 selama tiga tahun terakhir.

6.    Borang 3A Standar 5 Sub bab 5.2.5 (Bukti untuk Standar 5 Sub bab 5.2.5), adanya regulasi tentang persyaratan kelulusan mahasiswa Program Studi Magister untuk wajib publikasi bertaraf internasional yang dituangkan dalam Peraturan Rektor Universitas Brawijaya Nomor 52 tahun 2018 Pasal 3 Ayat 1.

 

2. 1.1.2 Rencana Strategis dari Program Studi Magister Statistika telah tertuang dengan sangat jelas, tahapan waktu sangat jelas dan sangat realistik disertai indikator-indikator pencapaian yang dirumuskan dalam visi, misi dan tujuan program studi dalam dokumen Rencana Strategis (RenStra) Program Studi Magister Statistika pada tahun 2014-2018. Bukti: Renstra dan Capaian PS

Pada Rencana Strategis 4 tahunan itu (Bab V pada dokumen RenStra) disebutkan rencana capaian per tahun yang ingin diwujudkan oleh Program Studi Magister Statistika. Hingga akhir tahun 2018, rencana capaian yang telah ditetapkan oleh Program Studi Magister Statistika melalui RenStra Program Studi telah terealisasi dengan sangat baik. Bukti: Renstra dan Capaian PS

Beberapa bukti ketercapaian sangat baik dari Rencana Strategis Program Studi Magister Statistika dari tahun ke tahun adalah sebagai berikut:

·      Adanya peningkatan banyaknya pembicara pakar dari luar universitas. Berdasarkan data yang tertuang pada dokumen Borang Tabel 4.5.2 (Bukti untuk Borang Tabel 4.5.2) disebutkan jumlah kehadiran pakar dari luar Universitas meningkat dari tahun ke tahun, yaitu ada 3 pakar dari luar Universitas pada tahun 2016 meningkat menjadi ada 8 pakar dari luar Universitas pada tahun 2017 dan ada 13 pakar dari luar Universitas pada tahun 2018.

·      Banyaknya publikasi melalui jurnal/proseding bereputasi terindeks scopus yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini dapat ditunjukkan pada dokumen Borang 3A Tabel 7.1.5 (Bukti untuk Borang 3A Tabel 7.1.5), yaitu ada sebanyak 13 publikasi terindeks scopus pada tahun 2016, kemudian meningkat ada sebanyak 28 publikasi terindeks scopus pada tahun 2017 dan meningkat lagi ada 30 publikasi terindeks scopus pada tahun 2018.

·      Rata-rata IPK lulusan yang tinggi dari tahun ke tahun (Tabel 3.2.1 di Borang 3A)(Bukti untuk Tabel 3.2.1), yaitu: tahun 2016: 3,63; tahun 2017: 3,76 dan tahun 2018: 3,61.

20 3.3.1 Studi pelacakan (tracer study) terhadap alumni dan pengguna alumni yang dilakukan secara berkala telah terdokumentasi dengan sangat baik. Hal ini juga diperkuat dengan uraian dalam  Borang 3A Standar 2 sub bab 2.5 poin d tentang umpan balik alumni dan pengguna lulusan terhadap pembelajaran yang dilakukan secara rutin setiap tahun.

Beberapa bukti kegiatan tracer study terhadap alumni dan pengguna alumni yang telah dilakukan program studi dan institusi secara berkala adalah sebagai berikut: (di dokumentasikan dalam eksternal hardisk Program Studi)

1.    Adanya kegiatan tracer Study melalui google form dengan alamat daring https://bit.ly/2Gzc9ZM. Tindak lanjut hasil tracer study dapat dilihat dalam Borang 3A Standar 3 sub bab 3.3.1 Poin d. Bukti: Dokumen Tracer Study

2.    Adanya kegiatan tracer Study secara langsung dengan mengundang/melibatkan alumni pada kegiatan akademik di kampus, seperti kuliah tamu, seminar, kegiatan kerjasama, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan alumni dan kegiatan lainnya yang dilakukan secara berkala (Borang 3A Standar 3A Standar 3 sub bab 3.4) (Bukti untuk Borang 3A Standar 3 sub bab 3.4).

3.    Adanya group alumni sebagai wadah komunikasi institusi dengan alumni (Borang 3A Standar 3 Tabel 3.3.2) (Bukti untuk Borang 3A Standar 3 Tabel 3.3.2).

4.    Rekonstruksi kurikulum yang dilakukan evaluasinya secara berkala setiap tahun, juga melibatkan stakeholder alumni dan pengguna alumni selain dosen, mahasiswa dan tenaga akademik. (Borang 3A Standar 5 sub bab 5.1.3) (Bukti untuk Borang 3A Standar 5 sub bab 5.1.3).

37 4.5.4.3 Berbagai aktifitas dosen tetap yang menjadi guru besar tamu pada Perguruan Tinggi lain di tingkat Nasional adalah  Aktifitasnya meliputi:

1.    Sebagai pemateri pada kegiatan workshop/pelatihan yaitu Dr. Ir. Solimun, M.S. (Borang 3A Standar 4 Tabel 4.5.3). Bukti: Sertifikat Dr. Ir. Solimun, M.S.

2.    Sebagai pemateri pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebanyak 1 orang yaitu Dr. Suci Astutik, S.Si., M.Si. Bukti: MoU.

3.    Sebagai dosen penguji tingkat doktoral di Perguruan Tinggi lain sebanyak 3 orang (Prof. Dr. Ir. Henny Pramoedyo, M.S., Dr. Ir. Solimun, M.S., Dr. Suci Astutik, S.Si., M.Si.). Bukti untuk Visiting Profesor – Assc Profesor

 

 

40 4.6.1.2 Tenaga kependidikan sebagai salah satu unsur yang sangat penting dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Berdasarkan segi jumlah dan kualitas pendidikan yang dimiliki oleh tenaga kependidikan dan kegiatannya sudah sangat memadai dan sangat cukup.

Beberapa bukti kecukupan dan sangat memadai dari tenaga kependidikan ditinjau dari kuantitas, kualitas dan kegiatannya adalah sebagai berikut (Buktihttps://mipa.ub.ac.id/profil/sdm/; http://lib.ub.ac.id/profil/sumber-daya-manusia/; https://poliklinik.ub.ac.id/profil/sumber-daya-manusia/):

1.    Ada 8 orang tenaga kependidikan yang memiliki pendidikan S2, yakni 3 tenaga kependidikan di Fakultas, 3 pustakawan UB, 2 tenaga poliklinik.

2.    Ada 37 orang tenaga kependidikan yang memiliki pendidikan S1, yakni 7 tenaga kependidikan di Fakultas, 14 tenaga poliklinik, 16 pustakawan.

3.    Ada 36 orang tenaga kependidikan yang memiliki pendidikan DII dan DIII, yakni 9 tenaga kependidikan Fakultas, 14 pustakawan, dan 13 tenaga poliklinik.

4.    Ada 80 orang tenaga kependidikan yang memiliki pendidikan SMA ke bawah, yakni 35 tenaga di Fakultas, 35 dari tenaga perpustakaan, dan 10 tenaga di poliklinik.

5.    Adanya tenaga kependidikan yang memperoleh sertifikasi dari Microsoft Technology Associate dalam Database Administration Fundamentals, yaitu Awal Budi Nurcahyono dan Tri Yuniatin. Bukti:  Sertifikat Awal Budi Nurcahyono dan Sertifikat Tri Yuniatin.

6.    Ada sebanyak 9 orang yang telah mengikuti  SKP TENDIK, SIAKAD, Latex dan pelatihan lain yang menunjang profesionalisme kerja di bidangnya. Bukti: Sertifikat

42 4.6.2 Upaya program studi dalam upaya untuk pengembangan kemampuan tenaga kependidikan telah dilakukan dengan sangat baik, sehingga dapat meningkatkan kualifikasi dan kompetensi tenaga kependidikan. Dalam hal ini, tidak hanya dilakukan terhadap tenaga administrasi saja tetapi dilakukan kepada semua unsur tenaga kependidikan (Borang 3A Standar 4 sub bab 4.1 poin 3 tentang pembinaan dan pengembangan).

Beberapa aktifitas tenaga kependidikan yang sangat baik untuk menunjang pengembangan kemampuannya melalui kegiatan-kegiatan berikut (Borang 3A Standar 4 sub bab 4.1 poin 3 tentang pembinaan dan pengembangan):

1. Adanya tenaga kependidikan yang memperoleh sertifikasi dari Microsoft Technology Associate dalam Database Administration Fundamentals, yaitu Awal Budi Nurcahyono, Tri Yuniatin. dan Riesky Ovta. Bukti: Sertifikat Awal Budi Nurcahyono, Sertifikat Tri Yuniatin. dan Sertifikat Riesky Ovta.

2. Ada sebanyak 9 orang yang telah mengikuti  SKP TENDIK, SIAKAD, Latex dan pelatihan lain yang menunjang profesionalisme kerja di bidangnya. Bukti: Sertifikat

43 5.1.1.1 Kurikulum Program Studi Magister Statistika telah memuat kompetensi lulusan secara sangat jelas dan sangat baik. Kompetensi lulusan yang sangat jelas dan sangat baik ini ditunjukkan oleh adanya mata kuliah yang ditawarkan kepada mahasiswa bersifat mengikuti perkembangan teknologi masa kini dan kebutuhan pasar sekarang ini, antara lain  mata kuliah Analisis Data Spasial pada SIG (RPS), Komputasi Statistika (RPS), Matematika Asuransi, dll. Mata kuliah-mata kuliah tersebut dapat menjawab tantangan kebutuhan menghadapi revolusi industri 4.0, yaitu mata kuliah Komputasi Statistika yang di dalamnya memuat Shiny dalam aplikasi R sebagai program opensource untuk interface. Analisis Data Spasial pada SIG untuk menangani pemodelan yang melibatkan informasi lokasi. Matematika Asuransi yang pada revolusi industri 4.0 dibutuhkan lulusan aktuaris yang  sangat banyak. Selain menawarkan mata kuliah-mata kuliah yang berorientasi kekinian, juga kelengkapan RPS untuk setiap mata kuliah juga dilaksanakan (Borang 3A Standar 5 sub bab 5.1.2.1 (Bukti: RPS MK Update) pada Tabel 5.1.2.2 dan Buku Pedoman Pendidikan Program Magister dan Program Doktor FMIPA).
44 5.1.1.2 Kompetensi lulusan dari Program Studi Magister Statistika telah terjabarkan dengan sangat baik dan sangat sesuai dengan visi misi program studi serta berorientasi ke masa depan. Hal ini telah dibuktikan dengan adanya mata kuliah-mata kuliah yang ditawarkan, seperti mata kuliah Komputasi Statistika (RPS), matakuliah Analisis Data Spasial pada SIG (RPS), mata kuliah Data Mining (RPS) dan mata kuliah Metode Bayesian (RPS), dimana matakuliah-matakuliah ini berorientasi masa depan dan kekinian sesuai dengan kebutuhan stakeholder. Dengan demikian, program studi telah  menyiapkan dengan sangat baik suatu konstruksi kurikulum yang berorientasi ke masa depan dalam rangka menyiapkan lulusan yang kompeten yang mampu serta siap menghadapi tantangan masa kini (Borang 3A Standar 5 sub bab 5.1.3). Bukti: RPS MK Update.
64 5.5.1 Tim monitoring dan evaluasi (monev) untuk Tesis di Program Studi Magister Statistika memiliki tugas dan wewenang yang sangat jelas. Tim monev Tesis terdiri atas para doktor di bidang Statistika yang mempunyai integritas dan dedikasi yang tinggi dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya. Dalam pelaksanaan tugas dan wewenangnya, tim monev Tesis mengacu pada SOP Monitoring dan Evaluasi Tesis yang disusun oleh Unit Jaminan Mutu Jurusan Statistika. Dengan kompetensi dan dedikasi dari personil tim monev yang sangat mumpuni, maka hingga saat ini belum ada  pelanggaran atau penyimpangan selama proses Tesis. Dengan demikian, tim monev bisa bertindak sebagai early warning system. Bukti dokumen: SK Tim Monev Tahun 2017-2018, SK Tim Monev Tahun 2019-2020, SOP Monev Tesis, Tupoksi Tim Monev, Formulir Isian Monev.  

67 5.5.4 Terdapat dokumen Prosedur dan tahapan ujian akhir : SOP Ujian Tesis dengan no : UNI O/F09/05/02/HK.01.02.a/06 (Bukti: SOP Monev Tesis)  Ada Komisi pelaksana monitoring dan evaluasi yaitu UMET. UMET melakukan pelaksanaan monev dengan memastikan bahwa waktu pelaksanaan ujian tesis sebagaimana yang terjadwal dalam undangan ujian tesis dan memastikan bahwa komisi penguji semuanya dapat hadir. Tim penguji ujian tesis beranggotakan 4 (empat) orang dosen, yang komposisinya sama dengan tim penguji ujian proposal tesis dan tim penguji seminar hasil penelitian secara terbuka.

Keberadaan SOP tersebut adalah pedoman utama bagi tim monev dalam pelaksanaan tugasnya, sehingga efektif mencegah terjadinya pelanggaran plagiarisme, duplikasi, kecurangan dll. Setiap proses dari proposal sampai ujian akhir tesis terdokumen dengan sangat baik dalam bentuk berita acara.

71 5.6.4 Ada berbagai kegiatan yang dilakukan mahasiswa sangat relevan dalam rangka pengembangan perilaku kecendekiawanan mahasiswa, yaitu:

(a) Kegiatan penanggulangan kemiskinan,

·     Keterlibatan mahasiswa dalam penelitian dosen dengan judul: Analisis Regresi Kuantil Panel Untuk Pemodelan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Bukti: Laporan Penelitian – Nurjannah, Ph.D., Tesis Mahasiswa – Neny Kurniawati.

– Hasil penelitian ini adalah dapat mengetahui variabel yang berpengaruh terhadap IPM, salah satunya adalah persentase kemiskinan. Dengan demikian hasil pemodelan ini dapat sebagai dasar pemerintah daerah dalam rangka penanggulangan kemiskinan di daerah penelitian.

 (b) Pelestarian lingkungan,

·   Keterlibatan mahasiswa dalam penelitian dosen dengan judul: Sistem Peramalan Iklim dengan Gstari-X-Sur Untuk Prediksi Kalender Tanam Kentang. Bukti: Kontrak Penelitian – Dr. Atiek Iriany, Tesis – Komet Rachmawansyah, Tesis – Siti Choirunnisa, Tesis – Litya Maharsani, Tesis – Arif Ashari

– Hasil penelitian ini adalah dapat memprediksi kalender tanam kentang, sehingga dapat membantu dalam pelestarian lingkungan khususnya di daerah tempat tumbuh kentang.

·   Keterlibatan mahasiswa dalam penelitian dosen dengan judul: Hubungan antara Kepadatan Populasi Plutella dengan Frekuensi Penyemprotan Insektisida terhadap Produksi Kubis. Bukti: SK Penelitian – Prof. Dr. Ni Wayan SW, Tesis – Muhammad Fariq Hidayat.

– Hasil penelitian ini adalah dapat mengetahui frekuensi penyemprotan insektisida pada tanaman kubis yang optimal, sehingga lingkungan di sekitarnya tidak tercemar insektisida yang berlebih. Dengan demikian hasil penelitian yang diperoleh berdampak pada pelestarian lingkungan.

(c) Peningkatan kesejahteraan masyarakat,

·   Keterlibatan mahasiswa dalam penelitian dosen dengan judul: Pengembangan Estimasi Analisis Path Berbasis Regresi Nonparametrik pada Pemodelan Pertumbuhan Vegetatif dan Produksi Umbi Porang, Bukti: Laporan Penelitian – Dr. Adji ARF & Dr. Solimun, Tesis – Risnawati.

– Hasil penelitian ini adalah dapat mengetahui pertumbuhan vegetatif dan produksi Umbi Porang yang optimal, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya petani Umbi Porang.

·   Keterlibatan mahasiswa dalam penelitian dosen dengan judul: Model Spasial Panel Dinamis Nilai Lahan Pertanian, Studi Kasus Guna Lahan di BoDeTaBek. Bukti Dokumen: Laporan Penelitian – Rahma Fitriani,Ph.D & Dr. Suci Astutik, Tesis – Widya Reza, Tesis – Febrya Cristin.

– Hasil penelitian ini adalah diperoleh model yang dapat meningkatkan nilai guna lahan pertanian. Model ini dapat digunakan pemerintah daerah sebagai bahan pertimbangan dalam penataan lahan pertanian, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

(d) Kegiatan penanggulangan masalah  ekonomi, politik, sosial, budaya (penelitian dan pengabdian DPPSPP)

·     Keterlibatan mahasiswa dalam penelitian dosen dengan judul: Peningkatan Aksesibilitas dan Distribusi Pangan melalui Sistem Perawatan Fasilitas Jalan Raya Arteri Kota Malang Berbasis Sistem Informasi Geografi, Bukti Dokumen: Kontrak Penelitian – Prof. Dr. Henny Pramoedya, Tesis – Popy Febritasari.

– Hasil penelitian ini dapat digunakan oleh pemerintah daerah untuk penanggulangan masalah ekonomi, yaitu mempercepat akses dan distribusi pangan kepada masyarakat.

·     Keterlibatan mahasiswa dalam penelitian dosen dengan judul: Data Mining: Wavelet Neural Networks dan Wavelet-Support Vector Regression untuk Peramalan Harga Saham, Bukti Dokumen: Laporan Penelitian – Dr. Umu Sa’adah, Tesis – Melda JulizaTesis – Diana Rosyida.

– Hasil penelitian ini dapat meramalkan harga saham secara cepat dan akurat. Hal ini berdampak pada peningkatan kegiatan perekonomian khusunya dalam jual beli saham. Dengan demikian model yang diperoleh dapat digunakan pemerintah atau lembaga swasta dalam  penanggulangan masalah ekonomi.

·   Keterlibatan mahasiswa dalam penelitian dosen dengan judul: Jarak Sosial Ekonomis vs Jarak Geografis bagi Pola Spasial PDRB per Kapita 38 Kabupaten/Kota di Jawa Timur, Bukti Dokumen: Laporan Penelitian – Rahma Fitriani, Ph.D., Tesis – Febrya Cristin.

– Hasil penelitian ini adalah mengamati produktivitas ekonomi berdasarkan variabel PDRB di Propinsi Jawa Timur. Dengan demikian hasil pemodelan ini dapat digunakan sebagai dasar dalam penanggulangan masalah ekonomi khususnya peningkatan produktivitas ekonomi ditinjau dari PDRB.

Di samping keterlibatan mahasiswa dalam penelitian dosen, kegiatan lain yang dilakukan mahasiswa sangat relevan dalam rangka pengembangan perilaku kecendekiawanan mahasiswa, yaitu:

·        Ada 12 mahasiswa yang terlibat dalam penelitian dosen dan terkait dengan tesis mahasiswa (Borang 3A Standar 7 Tabel 7.1.6).

·        Keterlibatan mahasiswa dalam pengabdian kepada masyarakat,  yaitu sebanyak 3 dari 16 judul pengabdian kepada masyarakat (Borang 3A Standar 7 Tabel 7.2.2). Bukti: 1) Laporan Pengabdian Kepada Masyarakat – Prof Henny – A Fahmi Indrayani; 2) Artikel IbIKK – Dr. Atiek Iriany – Agus Dwi Sulistyono; 3) Laporan Pengabdian Kepada Masyarakat – Prof Henny – Danang Ariyanto

·        Keterlibatan mahasiswa sebagai pemakalah dalam seminar nasional sebanyak 6 orang, sebagai pemakalah dalam seminar internasional sebanyak 1 orang, penulis dalam prosiding seminar nasional sebanyak 17 orang (Borang 3A Standar 3 Tabel 3.2.2). Bukti Sertifikat: Sertifikat Kegiatan Akademik Mahasiswa

78 6.3.2 Mahasiswa Program Studi Magister Statistika diberikan tempat/ruang kerja bersama-sama yang dilengkapi dengan meja, komputer, AC dan internet (wifi) (Bukti: Ruang Kerja Bersama Mahasiswa). Luas ruang kerja mahasiswa secara bersama-sama sebesar 9 m2 dengan jumlah komputer sebanyak 2 unit, meja sebanyak 2 unit dan kursi sebanyak 4 unit. Akses internet (wifi) dapat dijangkau dengan sangat mudah, baik di dalam maupun di luar ruangan kerja dengan kapasitas bandwidth sebesar 100 mbps (https://bits.ub.ac.id/en/katalog-layanan/layanan-komunikasi/internet-akses/; https://mipa.ub.ac.id/informasi/sarana-dan-prasarana/#akses-komputer-dan-internet ) . Selain ruang kerja bersama, mahasiswa juga dapat menggunakan ruang kerja laboratorium, dimana 1 meja dan 1 komputer untuk setiap mahasiswa. Ruang kerja laboratorium ini dapat dimanfaatkan di luar jam praktikum yang dilaksanakan oleh laboratorium. Ruang kerja bersama dan ruang kerja laboratorium sudah sangat memadai bagi mahasiswa untuk melakukan aktifitas belajar maupun penelitian. Bukti: Video Sarana dan Prasarana
79 6.3.3 Prasarana yang dimiliki oleh program studi di lingkungan Universitas Brawijaya dalam rangka menunjang semua unsur Tri Dharma adalah sangat baik, sangat memadai dan sangat lengkap dan mutunya sangat baik serta milik sendiri.

Berikut ini dijabarkan beberapa contoh fasilitas prasarana yang dimiliki (Bukti: Video Sarana dan Prasarana):

1.    Ruang Administrasi (TU) sebanyak 2, dengan luas 67.41 m2 dengan utilisasi 40 jam/minggu. Bukti: Video Ruang TU

2.    Ruang KPS S2 sebanyak 1 dengan luas 17 m2 dan utilisasi 40 jam/minggu. Bukti: Video Ruang KPS S2

3.    Ruang Kelas  sebanyak 45 unit, dengan luas 2951.99 m2 dengan utilisasi 40 jam/minggu. Bukti: Video Ruang Kelas

4.    Ruang Ujian  sebanyak 2 unit dengan luas 224.12 m2 dan utilisasi 15 jam/minggu. Bukti: Video Ruang Ujian 1, Ruang Ujian 2 dan Pertemuan

5.    Perpustakaan pusat UB  sebanyak 1 unit dengan luas 8520 m2 dan utilisasi 86 jam/minggu. Bukti: Video Perpustakaan UB

6.    Ruang laboratorium  sebanyak 2 unit dengan luas 139.98 m2 dan utilisasi 28 jam/minggu dan utilisasi 15 jam/minggu sampai dengan 86 jam/minggu. Bukti: Video Ruang Lab

·      Seluruh area di lingkungan Universitas Brawijaya terfasilitasi dengan koneksi internet (wifi). (https://bits.ub.ac.id/en/katalog-layanan/layanan-komunikasi/internet-akses/; https://mipa.ub.ac.id/informasi/sarana-dan-prasarana/#akses-komputer-dan-internet)

·      Ruang kelas dilengkapi dengan listrik yang bersumber dari PLN dan Genset, AC, LCD Proyektor dan ATK untuk PBM. Bukti: Video Ruang Kelas

·      Toilet tersedia di setiap lantai gedung dengan kondisi sangat terawat dan sangat baik. Sumber air tidak hanya dari PDAM, tetapi juga dengan sumur bor. Bukti: Video Toilet

 

80 6.3.4 Semua sarana dan prasarana yang dimiliki Universitas Brawijaya sangat baik, sangat memadai dan sangat lengkap dan mutunya sangat baik serta milik sendiri. Sebagai contoh seperti tempat olah raga (Bukti: Video Tempat Olahraga) , ruang layanan bersama (Bukti: Video Layanan Bersama), ruang himpunan (Bukti: Video Ruang Himpunan Mahasiswa dan UKM), poliklinik (Bukti: Video Poliklinik dan RS UB), rumah sakit (Bukti: Video Poliklinik dan RS UB), masjid (Bukti: Video Masjid Raden Patah UB), ruang kewirausahaan, ruang bersama, tempat olaraga, pusat bahasa, gedung Widyaloka, gedung Samanta krida (Bukti: Video Ruang Kewirausahaan, Ruang Bersama, Pusat Bahasa, WIdyaloka, Samanta Krida), Gedung untuk Bank, kantin, gazebo dan lain sebagainya (Bukti: Video FASUM). Fasilitas-fasilitas sarana dan prasarana ini sangat baik dan sangat memadai, sangat lengkap dan milik sendiri. (Bukti: Video Sarana dan Prasarana)
100 7.3.2 Program Studi Magister Statistika telah mempunyai 23 kerjasama dengan beberapa Universitas di Luar Negeri (kerjasama internasional), yang sangat relevan dengan Program Studi Magister Statistika dan telah terealisasi.

Aktivitas dari kerjasama internasional  tersebut meliputi:

1.    Kerjasama dengan Universitas Putra Malaysia dalam bentuk Pendidikan, Penelitian dan Joint Conference. Bukti: MoU

2.    Kerjasama dengan Center for Statistics University of Hasselt Belgium dalam bentuk publikasi bersama. Bukti: Publikasi

3.    Kerjasama dengan Nasional Research Council of Italy dalam bentuk pendidikan, Penelitian dan Joint Conference. Bukti: Kuliah Tamu

4.    Kerjasama dengan Edith Cowan University – Australia dalam bentuk publikasi bersama. Bukti: Publikasi

5.    Kerjasama dengan Interuniversity Institute for Biostatistics and statistical Bioinformatics, KU Leuven, Leuven, Belgium dalam bentuk publikasi bersama. Bukti: Publikasi

6.    Kerjasama dengan Interuniversity Institute for Biostatistics and statistical Bioinformatics, Universiteit Hasselt, Hasselt, Belgium dalam bentuk publikasi bersama. Bukti: Publikasi

7.    Kerjasama dengan European Organisation for Research and Treatment of Cancer Headquarters, Brussels, Belgium dalam bentuk publikasi bersama. Bukti: Publikasi

8.    Kerjasama dengan Gustave Roussy Cancer Campus Grand Paris, Villejuif, France dalam bentuk publikasi bersama. Bukti: Publikasi

9.    Kerjasama dengan  The Christie NHS Foundation Trust, Manchester, UK dalam bentuk publikasi bersama. Bukti: Publikasi

10. Kerjasama dengan University of Pittsburgh Cancer Institute and School of Medicine, Pittsburgh, USA dalam bentuk publikasi bersama. Bukti: Publikasi

11. Kerjasama dengan Mayo Clinic Rochester, Minnesotta, USA dalam bentuk publikasi bersama. Bukti: Publikasi

12. Kerjasama dengan University of Tubingen, Germany dalam bentuk publikasi bersama. Bukti: Publikasi

13. Kerjasama dengan University of Edinburgh, Western General Hospital, Edinburgh, UK dalam bentuk publikasi bersama. Bukti: Publikasi

14.  Kerjasama dengan Bristol-Myers Squibb, Wallingford, USA dalam bentuk publikasi bersama. Bukti: Publikasi

15. Kerjasama dengan Cancer Research UK Clinical Trials Unit, University of Birmingham, UK dalam bentuk publikasi bersama. Bukti: Publikasi

16. Kerjasama dengan Birmingham Clinical Trials Unit, University of Birmingham, UK dalam bentuk publikasi bersama. Bukti: Publikasi

17. Kerjasama dengan IDDI, Louvain-la-Neuve, Belgium dalam bentuk publikasi bersama. Bukti: Publikasi

18. Kerjasama dengan Windows Operating System dan Microsoft Office Suites dalam penyediaan software berlisensi. Bukti: MoU Windows dan MS Office

19. Kerjasama dengan VSN International Limited, UK dalam penyediaan software berlisensi. Bukti: MoU VSNI

20. Kerjasama dengan Wiley Asia-Pasific Library Advisory Board (Wiley LAB),  dalam penyediaan software berlisensi. Kepala Perpustakaan UB menjadi Country Representative Indonesia di Wiley Asia-Pasific Library Advisory Board tahun 2017-2019. Bukti: Keanggotaan Wiley

21. Perpustakaan UB menjadi anggota satu-satunya  dari Indonesia  di International Association of University Libraries (IATUL) (https://www.iatul.org). Bukti: Keanggotaan IATUL

22.  Perpustakaan UB menjadi anggota satu-satunya  dari Indonesia  di Confederation of Open Access Repositories (COAR) (https://www.coar-repositories.org/). Bukti: Keanggotaan COAR

23. Perpustakaan UB menjadi anggota dari OCLC, a Global Library Cooperative (https://www.oclc.org/en/home.html). Bukti: Keanggotaan OCLC