Ditulis pada tanggal 1 November 2017, oleh riesky ovta hidayat, pada kategori kegiatan

Pelatihan Kelompok Kajian mengenai Perancangan Kuisioner dan Teknik Sampling dilaksanakan pada tanggal 29-30 September 2017 di Gedung Graha Sainta Lt. 2 Universitas Brawijaya Malang. Perancangan Kuisioner dilaksanakan pada tanggal 29 September dengan pemateri Dr. Ir. Solimun MS. Dan Luthfatul Amalia, S.Si., M.Si. SedangkanTeknik Sampling dilaksanakan pada tanggal 30 September dengan pemateri Darmanto, S.Si, M.Si. Acara pelatihan mendapatkan respon yang baik dari semua pihak, hal ini terbukti dari peserta yang hadir dalam pelatihan. Peserta pelatihan mencapai 30 orang yang terdiri dari dosen dan karyawan dari Jakarta, Surabaya hingga Bali.

Pelatihan tanggal 29 September dimulai dari pukul 07.30 WIB. Acara pertama adalah registrasi dilanjutkan dengan pembukaan acara oleh MC Riana Dany. Setelah pembukaan oleh MC dilanjutkan dengan sambutan oleh Dr. Ir. Solimun MS selaku Ketua Pelaksana. Setelah acara pembukaan langsung dilanjutkan materi perancangan kuisioner sesi 1 mengenai variabel laten dan kisi-kisi instrumen penelitian dan skala pengukuran hingga pukul 11.45 WIB.

Setelah mendapatkan dua materi, kemudian peserta dan pemateri melakukan SHOIMA (Sholat, Istirahat, dan Makan Siang). Setelah SHOIMA, langsung dilanjutkan sesi 2 mengenai merancang kuisioner dan validitas serta reliabilitas instrumen penelitian pukul 13.15 WIB. Materi validitas dan instrumen penelitian diberikan oleh Dr. Ir. Solimun MS dan Luthfatul Amalia, S.Si. Secara umum pada hari pertama mendapatkan respon yang sangat baik oleh peserta seminar yang sangat antusias terhadap materi yang diberikan. Hal ini terbukti dari banyaknya pertanyaan selama sesi.

Hari kedua pelatihan dimulai pukul 08.00 WIB dengan materi Teknik Sampling. Materi teknik sampling dibawakan oleh Darmanto, S.Si, M.Si. Acara hari kedua diisi oleh dua sesi. Sesi 1 mengenai dasar-dasar teknik sampling dan metode penarikan sampel : probability sampling hingga pukul 11.30 WIB. Selanjutnya adalah SHOIMA hingga pukul 13.15. Setelah melakukan SHOIMA, dilanjutkan dengan sesi 2 mengenai ukuran sampel dan cara pengambilan sampel serta metode penarikan sampel : non-probability sampling yang tetap dibawakan oleh  Darmanto, S.Si, M.Si hingga pukul 16.00. Selanjutnya penarikan kesimpulan kegiatan,  review materi, dan penutupan oleh Dr. Ir. Solimun MS hingga pukul 16.30. Setelah ditutup selanjutnya adalah foto bersama seluruh peserta dan materi. Secara umum, hari pertama dan kedua berjalan sukses dan lancar.